Www.buka-mata.blogspot.co.id adalah blog tentang tips/ cara, beternak/ budidaya dan pendidikan

Asersi Manajemen

Asersi Manajemen - Buka Mata. Asersi merupakan pernyataan manajemen yang terkandung di dalam komponen laporan keuangan. Pernyataan tersebut dapat diklasifikasikan berdasarkan penggolongan dasar sebagai berikut:
1. Keberadaan atau keterjadian
2. Kelengkapan
3. Hak dan Kewajiban
4. Penilaian atau alokasi
5. Penyajian dan pengungkapan

Keterangan:
  1. Asersi tentang keberadaan atau keterjadian berhubungan dengan apakah aktiva atau hutang ada pada ada pada tanggal tertentu. Misalnya management mencantumkan persediaan produk jadi di neraca adalah tersedia untuk dijual.
  2. Asersi tentang kelengkapan berhubungan dengan apakah semua transaksi dan akun yang seharusnya disajikan dalam laporan keuangan dicantumkan di dalamnya. Contoh semua hutang yang tercantum di neraca adalah mencakup semua kewajiban kepada pemasok.
  3. Asersi tentang hak dan kewajiban berhubungan dengan apakah aktiva merupakan hak perusahaan dan hutang merupakan kewajiban perusahaan pada tanggal tertentu. Contoh Utang sewa guna usaha merupakan cerminan dari kewajiban perusahaan.
  4. Asersi tentang penilaian atau alokasi berhubungan dengan apakah komponen-komponen aktiva, kewajiban, pendapatan dan biaya sudah dicantumkan dalam laporan keuangan pada jumlah yang semestinya. Contohnya aktiva tetap dicatat berdasarkan harga perolehannya dan perolehan semacam itu secara sistematik dialokasikan pada periode yang semestinya, hal ini sesuai ASUMSI dan KONSEP DASAR AKUNTANSI mengenai prinsip biaya historis.
  5. Asersi tentang penyajian atau pengungkapan : di dalam  memperoleh bukti audit yang mendukung asersi dalam dalam laporan keuangan, auditor independen merumuskan tujuan audit spesifik ditinjau dari sudut asersi tersebut. Dalam merumuskanya hendaknya memperhatikan kondisi khusus di perusahaan tersebut. Contoh asersi yang berhubungan dengan saldo persediaan yang dapat dirumuskan oleh auditor bahwa kuantitas persediaan mencakup seluruh produk jadi, bahan baku dan bahan pembantu. 
 



Special Thanks to :
1. Allah SWT
2. Pengunjung
3. Pengiklan
Anda sedang membaca artikel tentang Asersi Manajemen dan anda bisa menemukan artikel Asersi Manajemen ini dengan url https://buka-mata.blogspot.com/2012/03/asersi.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Asersi Manajemen ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Asersi Manajemen sebagai sumbernya.
The item being reviewed 4 5 24

ARTIKEL TERKAIT:

Asersi Manajemen Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Posting Komentar