Www.buka-mata.blogspot.co.id adalah blog tentang tips/ cara, beternak/ budidaya dan pendidikan

Haids / Menstruasi

Haids / Menstruasi - Buka MataPengertian Haids atau Menstruasi mengacu pada pengeluaran secara periodik darah dan sel-sel tubuh dari daerah kewanitaan yang berasal dari dinding rahim wanita. Menstruasi dimulai saat remaja sebagai tanda bahwa wanita mempunyai kemampuan untuk mengandung.

Haids / Menstruasi

Haids / Menstruasi

Untuk haids / menstruasi pada wanita di mulai sekitar anak berumur 10 sampai dengan 16 tahun tergantung dari berbagai faktor misalnya kesehatan wanita itu sendiri, nutrisi yang diperolehnya dll. Setiap bulannya wanita akan mengalami siklus menstruasi dan wanita akan berhenti haids pada umur sekitar 45 sampai dengan 50 tahun. Akhir dari wanita menstruasi biasa dikenal sebagai menopause, sekaligus menjadi  tanda bahwa wanita sudah tidak bisa hamil sehingga masa subur wanita sudah berlalu. Siklus menstruasi sekitar 28 hari, tapi ada juga yang tidak tepat 28 hari tergantung beberapa faktor misalnya kesehatan fisik, emosi, stress dan nutrisi yang bersangkutan.

Pada permulaan siklus haids, lapisan sel rahim mulai berkembang dan menebal. Lapisan ini berfungsi sebagai penyokong jika wanita sedang hamil. Hormon memberi sinyal pada telur di dalam indung telur untuk berkembang , terus tidak lama kemudian , sebuah indung telur dilepaskan dari indung telur wanita dan mulai "jalan" ke tuba falopi terus ke rahim. Apabila telur tidak dibuahi sperma, lapisan rahim  akan terpisah  dari dinding uterus dan mulai luruh dan akan dikeluarkan lewat daerah kewanitaan. Nah, saat inilah disebut sebagai proses menstruasi atau haids atau mens.

Periode terjadinya haids adalah selama 7 hari dan jika menstruasi terhenti maka merupakan tanda bahwa wanita sedang hamil (tidak selalu). Saat terjadi haids maka biasanya wanita akan merasa tidak nyaman karena menstruasi sakit, payudara yang melunak, puting susu yang nyeri/bengkak dan  mudah tersinggung.

Gangguan menstruasi yang berat dari proses ini misalnya terjadi kram perut karena kontraksi pada otot halus rahim, sakit kepala, sakit pada bagian tengah perut, gelisah, letih, hidung tersumbat dan ada yang ingin menangis.

Terkadang wanita ada yang mengalami menstruasi tidak teratur. Ada sebagian wanita yang mengalami amenore atau yang sering disebut sebagai kegagalan menstruasi. Penyebabnya antara lain stres, hilang berat badan, olahraga berat secara teratur atau penyakit. Namun ada pula wanita yang mengalami kebalikan dari kegagalan menstruasi atau yang sering dikenal dengan sebutan  menoragi yaitu aliran darah keluarnya berlebih dan bahkan bisa berlangsung lama.

Demikian artikel Haids/ Menstruasi, semoga bermanfaat.

 Artikel Lainnya:
Special Thanks to :
1. Allah SWT
2. Pengunjung
3. Pengiklan
Anda sedang membaca artikel tentang Haids / Menstruasi dan anda bisa menemukan artikel Haids / Menstruasi ini dengan url http://buka-mata.blogspot.com/2012/03/haid-menstruasi.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Haids / Menstruasi ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Haids / Menstruasi sebagai sumbernya.
The item being reviewed 4 5 24

ARTIKEL TERKAIT:

Haids / Menstruasi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Buka Mata

0 comments:

Posting Komentar