Ayo bersedekah..!!!

Proses Akuntansi

Proses Akuntansi - Buka Mata. Proses mulai dari pencatatan sampai dengan proses penyajian laporan keuangan disebut sebagai Proses Akuntansi. Sebelum menjadi Laporan Keuangan Perusahaan, terjadi proses akuntansi yang di mulai dari bukti, jurnal, buku besar, buku pembantu (jika diperlukan) dan terakhir adalah laporan keuangan.

Bukti transaksi merupakan catatan pertama dari setiap transaksi dan digunakan sebagai dasar dalam menjurnal. Jurnal merupakan pencatatan transaksi urut tanggal secara kronologis yang berdasarkan bukti transaksi. Buku besar (general ledger) merupakan rekening-rekening yang disusun menurut susunan yang akan mempermudahkan di dalam menyusun Laporan Keuangan, kumpulan dari rekening-rekening tersebut disebut buku besar. Rekening buku besar dibedakan menjadi 3 kelompok yaitu :
  1. rekening riel,
  2. rekening nominal dan
  3. rekening campuran.
Rekening riel merupakan rekening-rekening aktiva, utang modal atau rekening pada pos laporan keuangan neraca. Rekening nominal merupakan rekening pendapatan, biaya, laba dan rugi  atau merupakan rekening pos rugi laba. Rekening campuran merupakan rekening-rekening yang saldonya mengandung rekening riel dan rekening nominal.  Untuk mempermudah dalam menyusun Laporan Keuangan biasanya masing-masing rekening diberi kode sesuai dengan kelompoknya. 



Proses Akuntansi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Buka Mata

0 comments:

U Comment I Follow

Poskan Komentar