Www.buka-mata.blogspot.co.id adalah blog tentang tips/ cara, beternak/ budidaya dan pendidikan

Sapi Bali

Sapi bali - Buka Mata. Sapi Bali merupakan keturunan dari sapi liar yang disebut banteng yang telah mengalami penjinakan berabad-abad lamanya.
Banteng tersebut menurunkan hampir seluruh jenis sapi di Indonesia setelah mengalami persilangan dengan bangsa sapi lainnya misalnya zebu yang dimasukkan ke Indonesia seperti ongole, hissar dan gujarat ketika orang hindu datang ke Indonesia. Daerah  penyebaran sapi bali yang utama adalah bali, daerah penyebaran lainnya adalah NTT, NTB, Sulawesi. Tipe sapi bali adalah pedaging dan kerja. Ciri-ciri sapi bali adalah bentuk tubuh menyerupai banteng, tapi ukurannya lebih kecil karena proses penjinakan. Dada dalam padat, warna bulu pada waktu masih pedet sawo matang atau merah bata dan setelah dewasa warna bulu pada sapi bali betina bertahan merah bata sedangkan yang jantan kehitam-hitaman. Dan pada tempat-tempat tertentu baik yang jantan maupun betina di bagian keempat kakinya dari sendi kaki sampai kuku dan di bagian pantatnya berwarna putih. Kepala agak pendek dan dahi datar. Tanduk pada sapi bali jantan tumbuh agak ke bagian luar kepala, sedangkan untuk betina agak ke dalam. Kakinya pendek sehingga menyerupai kaki kerbau, Tinggi sapi dewasa130 cm dan berat badan rata-rata jantan 450 kg sedangkan betina 300-400 kg. Hasil karkas 57%. 


Special Thanks to :
1. Allah SWT
2. Pengunjung
3. Pengiklan
Anda sedang membaca artikel tentang Sapi Bali dan anda bisa menemukan artikel Sapi Bali ini dengan url http://buka-mata.blogspot.com/2012/03/sapi-bali.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Sapi Bali ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Sapi Bali sebagai sumbernya.
The item being reviewed 4 5 24

ARTIKEL TERKAIT:

Sapi Bali Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Buka Mata

0 comments:

Posting Komentar