Www.buka-mata.blogspot.co.id adalah blog tentang tips/ cara, beternak/ budidaya dan pendidikan

Merpati Balap

Merpati Balap - Buka Mata. [Sumber: id.wikipedia.org/wiki/Merpati_balap]. Merpati balap adalah hasil pembiakan dari burung merpati yg telah dibiakkan secara khusus agar mampu terbang lebih cepat, instink untuk pulang yg lebih kuat untuk olah raga balap merpati. Merpati populer yg dijinakkan, merpati balap, adalah salah satu hasil yg paling baru.

Merpati termasuk golongan burung pintar, ini terbukti dgn kejinakan dan kemampuannya untuk mengenali kandang dan daerah sekitarnya terutama merpati pos. Merpati Balap mempunyai kelebihan lain yg tdk kalah hebatnya dgn merpati pos, yaitu mampu mengenali pasangan, pemilik, atau pelatihnya dari jarak yg cukup jauh.

Secara Umum merpati balap yg baik memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

1. Bagian Kepala dan Leher:
Paruh yg Pendek,lurus, kuat, dan ujungnya sedikit melengkung menandakan keket atau giringnya bagus. Mata jernih dgn biji mata bulat penuh (tdk terlihat pecah) dan kecil menandakan kemampuannya cukup baik untuk melihat dgn jelas dari kejauhan. Kepala yg proposional dan cukup besar menandakan isi otaknya besar (cerdas). Lehernya yg cukup dan tdk terlalu panjang dan besar, tetapi tetap proposional dpt menjaga posisi terbang terhadap udara agar tetap streamline.

2. Bagian Badan, Kaki dan ekor:
Pundak tegap dan kokoh sebagai tempat menempelnya sayap. Otot sayap yg cukup tebal menandakan kekuatannya mengepakkan sayapnya maksimal sehingga diperoleh jangkauan yg jauh dalam sekali kepak. Bulu-bulu sayap rapi, tebal, panjang, lebar, dan rapat menandakan bahwa merpati dpt mencapai jarak jauh dalam sekali kepakan karena sedikit udara yg lepas. Bulu sayap primer biasanya terdiri dari 10 bulu, tetapi kadang ditemukan merpati dgn bulu sayap primer 11 bulu pada salah satu atau kedua sayapnya. Keadaan ini dpt menambah kerapatan bulu sayap. Kaki proposional dgn jari yg kecil dan panjang untuk mengarahkan angin kebelakang setelah melewati dada pada saat terbang. Tumpukan bulu pada bokong tebal dan tulang pubis cukup keras sehingga kekompakan otot untuk mencapai kecepatan akhir yg maksimal dpt terjamin.

3. Ciri-ciri lain: 
Bulu halus, kering, dan berlapis lilin untuk mengurangi hamabatan dan mencegah tersimpannya air dari udara yg dpt mengurangi kecepatan burung karena bertambahnya berat badan. Tulang dada sedikit melengkung untuk mengurangi hamabatan angin.

Leher seekor merpati balap harus proporsional, tdk terlalu pendek dan tdk juga terlalu panjang, sehingga tdk menambah gesekan diudara.
Special Thanks to :
1. Allah SWT
2. Pengunjung
3. Pengiklan
Anda sedang membaca artikel tentang Merpati Balap dan anda bisa menemukan artikel Merpati Balap ini dengan url https://buka-mata.blogspot.com/2012/04/merpati-balap.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Merpati Balap ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Merpati Balap sebagai sumbernya.
The item being reviewed 4 5 24

ARTIKEL TERKAIT:

Merpati Balap Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Posting Komentar