Www.buka-mata.blogspot.co.id adalah blog tentang tips/ cara, beternak/ budidaya dan pendidikan

Tips/ Cara Membedakan Murai Batu Borneo/ Kalimantan dan Sumatera

Tips/ Cara Membedakan Murai Batu Borneo/ Kalimantan dan Sumatera - Buka Mata. Berikut ini adalah Tips/ Cara Membedakan Murai Batu Borneo/ Kalimantan dan Sumatera yaitu:

A.   A. Cara membedakan burung murai batu saat berbunyi
  • Kalau dlm kondisi berbunyi, memang mudah membedakannya, yakni dgn melihat pengembangan bulu. Utk murai batu borneo, mengembangkan bulu sampai hampir menyerupai bola yg dimulai dari bulu bawah leher sampai dubur. Sedangkan murai batu Sumatera tdk mengembangkan bulu, atau kalau mengembangkan bulu hanya sebatas perut ke bawah. Jadi burung murai batu Sumatera pun ada yg mengembangkan bulu ketika bernyanyi, tetapi hanya mengembang pada bagian perut ke bawah
 B. Cara membedakan burung murai batu saat tidak bunyi
  • Dapat terlihat dari rona warna coklat di bagian dada sampai dubur. Burung murai batu borneo warna coklatnya cenderung kekuning-kuningan/ cerah. Sedangkan utk murai batu sumatera agak gelap.
  • Utk burung yg masih muda/trotol tetapi panjang ekornya sudah mencapai sekitar 3 cm, bisa dilihat dari jarak antara ujung bulu ekor yg putih dgn yg hitam. Utk burung murai batu borneo, ujung ekor putih dan hitam cederung dekat. Sedangkan murai batu sumatera, cenderung jauh; atau ekor yg berwarna hitam terlihat tumbuh pesat meninggalkan bulu putih.
  • Jarak antara ujung ekor hitam dan putih ini juga bisa utk menandai apakah seekor murai batu berasal dari Kalimantan atau Sumatera ketika dia dlm masa mabung. Pertumbuhan bulu putih dan hitam hampir sama pada murai batu borneo, sedangkan pada murai batu sumatera, bulu hitam lebih pesat tumbuhnya.
Special Thanks to :
1. Allah SWT
2. Pengunjung
3. Pengiklan
Anda sedang membaca artikel tentang Tips/ Cara Membedakan Murai Batu Borneo/ Kalimantan dan Sumatera dan anda bisa menemukan artikel Tips/ Cara Membedakan Murai Batu Borneo/ Kalimantan dan Sumatera ini dengan url https://buka-mata.blogspot.com/2012/06/membedakan-murai-batu-borneo-dan.html?m=0,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Tips/ Cara Membedakan Murai Batu Borneo/ Kalimantan dan Sumatera ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Tips/ Cara Membedakan Murai Batu Borneo/ Kalimantan dan Sumatera sebagai sumbernya.
The item being reviewed 4 5 24

ARTIKEL TERKAIT:

Tips/ Cara Membedakan Murai Batu Borneo/ Kalimantan dan Sumatera Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Posting Komentar