Www.buka-mata.blogspot.co.id adalah blog tentang tips/ cara, beternak/ budidaya dan pendidikan

Asam Urat dan Pengobatannya

Asam Urat dan Pengobatannya - Buka Mata. Penyakit asam urat bukan penyakit yg menyerang para lansia saja, namun anak muda pun bisa terkena asam urat juga. Hal tersebut karena anak muda sekarang banyak yg hidup dlm pola yg tdk sehat & mengkonsumsi makanan yg serba praktis, menyukai makanan yg serba manis. Sehingga untuk pengobatan asam urat perlu keseriusan untuk mengikuti pola hidup sehat.

Sumber Asam Urat

Asam urat dlm tubuh manusia bisa bersumber dari luar tubuh & bisa pula bersumber dari dlm tubuh, yaitu akibat dari jaringan tubuh yg mengalami kerusakan yg berakibat terlalu banyak mengkonsumsi makanan yg banyak mengandung inti sel atau akibat dari jaringan organ tubuh kita yg rusak, shg asam nukleat dari inti sel akan dimetabolisir menjadi asam murat shg kadar asam urat dlm tubuh akan meningkat.

Meningkatnya kadar asam urat akan memudahkan terjadinya pengendapan kristal-kristal pada bagian tubuh tertentu. Pengendapan kristal asam urat akan mudah terjadi apabila penderita kurang minum air putih atau kurangnya cairan dlm tubuh. Ini akan menyebabkan rasa sakit karena dpt menimbulkan peradangan.
Asam urat dpt pula terjadi karena penyakit menahun, diabetes mellitus, kanker & juga akibat penurunan berat badan yg terlalu berlebihan (diet yg berlebihan).

Pantangan Penderita Penyakit Asam Urat

Makanan yg dihindari sebagai berikut.
  • Bahan makanan yg banyak mengandung inti sel, seperti sayuran bagian pucuknya, kecambah, kacang-kacangan yg siap berkecambah, tempe, rebung, buah-buahan yg masih sangat muda seperti buah melinjo & mangga muda.
  • Makanan yg pada proses pembuatannya melalui proses penghancuran terlebih dahulu, seperti daging cincang, kaldu, jus, & sebagainya.
  • Makanan yg banyak mengandung gula (100g/hari) karena gula dpt mengakibatkan pencernaan diubah menjadi fluktosa.
  • Terlalu banyak minum kopi & alkohol.
  • Terlalu banyak makan jeroan (ginjal, hati, otak & makanan olahan kulit).
  • Terlalu banyak mengkonsumsi makanan yg berlemak (lebih dari 200g/hari).
  • Makanan yg dikalengkan, seperti manisan & ikan sarden kalengan.
  • Makanan yg banyak mengandung fluktosa lebih dari 50g/hari, seperti pada buah-buahan manis & yg terlalu masak.

Karenanya, utk mencegah terjadinya asam urat & mengobati tingginya asam urat adalah dgn menghindari makanan & minuman tersebut. Adapun utk menghindari terjadinya pengendapan asam urat (bagi yg sudah memiliki asam urat dgn kadar yg tinggi), harus memperbanyak minum air putih sekitar 2 - 3 liter per hari & tdk banyak mengonsumsi makanan yg terlalu manis.
Special Thanks to :
1. Allah SWT
2. Pengunjung
3. Pengiklan
Anda sedang membaca artikel tentang Asam Urat dan Pengobatannya dan anda bisa menemukan artikel Asam Urat dan Pengobatannya ini dengan url http://buka-mata.blogspot.com/2012/07/asam-urat-dan-pengobatannya.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Asam Urat dan Pengobatannya ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Asam Urat dan Pengobatannya sebagai sumbernya.
The item being reviewed 4 5 24

ARTIKEL TERKAIT:

Asam Urat dan Pengobatannya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Buka Mata

0 comments:

Posting Komentar