Www.buka-mata.blogspot.co.id adalah blog tentang tips/ cara, beternak/ budidaya dan pendidikan

Sejarah Rokok

Sejarah Rokok – Buka Mata. Pada kesempatan kali ini akan disajikan tentang sejarah rokok. Berbicara rokok, sekarang bukan hanya orang dewasa saja yg tahu tentang rokok, melainkan anak-anak pun mengetahui apa sebenarnya rokok itu. Rokok bukan sesuatu yg baru di dunia ini, melainkan sesuatu yg memang telah ada sejak lama, berarti dapat dipastikan sejarah awal munculnya rokok memang telah lama ada.

Sejarah rokok dimulai dari mengunyah tembakau & mengisap tembakau melalui sebuah pipa yg dilakukan warga asli benua Amerika (Maya, Aztec & Indian) sejak 1.000 tahun sebelum masehi. Mereka melaksanakan tradisi membakar tembakau yg bertujuan untuk menunjukkan persahabatan & persaudaraan saat beberapa suku yg berbeda berkumpul, serta sebagai ritual pengobatan. Tak lama satelah itu kru Columbus membawa tembakau beserta tradisi mengunyah & membakar lewat pipa ini ke “peradaban” di Inggris. Namun yg lebih berperan adalah seorang diplomat & petualang perancis-lah yg menyebarkan popularitas rokok di seantero Eropa, orang ini adalah Jean Nicot, istilah nikotin yg kita ketahui selama ini berasal dari kata (Nicot).Tetapi ada catatan sejarah rokok yg lain bahwa tradisi rokok & merokok yg lebih tua berasal dari Turki semenjak periode dinasti Ottoman.

Setelah permintaan tembakau mengalamai kenaikan & lonjakan di Eropa, budidaya tembakau mulai dipelajari dengan serius terutama tembakau Virginia yg ditanam di Amerika. John Rolfe adalah orang pertama yg berhasil menanam tembakau dlm skala besar, yg kemudian diikuti oleh perdagangan & pengiriman tembakau dari AS ke Eropa.
Sejarah rokok di Indonesia muncul pada tahun 1880 , Haji Jamahri dari Kudus adalah orang yg pertama kali meramu tembakau dengan cengkeh. Tujuan awalnya adalah mencari obat penyakit asma yg dideritanya, namun pada akhirnya rokok racikan Jamahri menjadi terkenal. Istilah Kretek adalah sebutan khas untuk menamai rokok asal Indonesia, istilah ini berasal dari bunyi rokok saat disedot yg diakibatkan oleh letupan cengkeh yg berbunyi kretek.

Dari anggapan sebagai obat penyembuh, lambang persahabatan & persaudaraan, rokok kemudian berkembang menjadi simbol kejantanan pria. Hal ini ditandai sejak dijadikannya rokok sebagai ransum wajib setiap prajurit saat Perang Dunia Pertama. Karena fakta rokok berbahaya bagi kesehatan belum terbukti, rokok pada jamannya pernah diiklankan dengan menggunakan beragam model, dari bayi hingga dokter, tetapi sekarang ini fakta rokok yg berbahaya terhadap kesehatan telah dibenarkan oleh medis, misalnya menimbulkan kanker, sehingga dampaknya memang sekarang hampir tidak ada iklan yg muncul tentang rokok.
Special Thanks to :
1. Allah SWT
2. Pengunjung
3. Pengiklan
Anda sedang membaca artikel tentang Sejarah Rokok dan anda bisa menemukan artikel Sejarah Rokok ini dengan url http://buka-mata.blogspot.com/2012/12/sejarah-rokok.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Sejarah Rokok ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Sejarah Rokok sebagai sumbernya.
The item being reviewed 4 5 24

ARTIKEL TERKAIT:

Sejarah Rokok Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Buka Mata

0 comments:

Posting Komentar