Www.buka-mata.blogspot.co.id adalah blog tentang tips/ cara, beternak/ budidaya dan pendidikan

Tanda Bahan Makanan Tak Layak Konsumsi

Tanda Bahan Makanan Tak Layak Konsumsi - Buka Mata. Menyantap makanan yg sudah basi meski hanya beberapa suap, bisa membuat Anda terpaksa berobat ke dokter. Waspadalah bila makanan Anda memiliki tanda-tanda basi seperti berikut ini ( Tanda Bahan Makanan Tak Layak Konsumsi ):

Kentang
  • Bila kentang terasa keras saat diremas, berarti masih layak konsumsi. Namun, saat terasa lembek & melesak ke dalam saat ditekan, berarti kondisinya sudah tak bagus lagi. Apalagi, bila kentang sudah berkecambah & bau. Umur kentang bisa panjang bila disimpan di tempat yg sejuk & gelap, tapi harus sering diperiksa sebab satu saja kentang rusak, akan menulari kentang lainnya.

Selada
  • Selada hanya tahan sekitar satu minggu bila disimpan di kulkas. Selada yg segar berwarna hijau / ungu kemerahan. Bila sudah layu & berwarna kecokelatan, sebaiknya tak dikonsumsi.

Ikan
  • Ikan yg sudah tidak segar biasanya memunculkan aroma tidak enak yg kuat. Bila masih tampak segar, amati lebih teliti apakah ikan berubah warna menjadi cokelat, kuning / abu-abu, walaupun hanya pada bagian ujungnya tandanya ikan sudah tak layak dikonsumsi.

Ayam
  • Ayam yg sudah basi memunculkan bau asam / semacam amonia. Warna yang berubah atau daging yg berlendir juga jadi pertanda ayam sudah tak lagi layak dikonsumsi. Sebaiknya jangan menyimpan ayam mentah di kulkas bagian bawah lebih dari 2 hari sedangkan ayam beku bisa dikonsumsi sebelum enam bulan.

Steak
  • Bila warna dari steak sudah berubah menjadi abu-abu atau keluar aroma tengik, tandanya sudah tak layak konsumsi. Untuk meyakinkan, pegang dgn tangan. Steak yg rusak akan mengeluarkan lendir.

Telur
  • Untuk mengetahui telur masih bagus / tidak, masukkan telur ke dalam air. Telur yg sudah lama akan mengambang / berdiri di wadah air. Sedangkan telur yg segar akan tenggelam / sebagian sisinya akan tetap tidur di bagian bawah wadah.

Cream Cheese
  • Bila cream cheese sudah berarna hijau / tumbuh jamur, segeralah buang. Perbedaan cream cheese dgn keju-keju lainnya, cream cheese paling baik dikonsumsi dalam keadaan segar. Cream cheese yg sudah dibuka, segera habiskan dalam 10 hari.

Yogurt
Demikian artikel  Tanda Bahan Makanan Tak Layak Konsumsi, semoga bermanfaat.



http://buka-mata.blogspot.com/2012/12/tanda-bahan-makanan-tak-layak-konsumsi.html
Special Thanks to :
1. Allah SWT
2. Pengunjung
3. Pengiklan
Anda sedang membaca artikel tentang Tanda Bahan Makanan Tak Layak Konsumsi dan anda bisa menemukan artikel Tanda Bahan Makanan Tak Layak Konsumsi ini dengan url http://buka-mata.blogspot.com/2012/12/tanda-bahan-makanan-tak-layak-konsumsi.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Tanda Bahan Makanan Tak Layak Konsumsi ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Tanda Bahan Makanan Tak Layak Konsumsi sebagai sumbernya.
The item being reviewed 4 5 24

ARTIKEL TERKAIT:

Tanda Bahan Makanan Tak Layak Konsumsi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Buka Mata

0 comments:

Posting Komentar