Www.buka-mata.blogspot.co.id adalah blog tentang tips/ cara, beternak/ budidaya dan pendidikan

Tanda – Tanda Makanan Tidak Layak Konsumsi

Tanda – Tanda Makanan Tidak Layak Konsumsi – Buka Mata. Makanan yg layak konsumsi yaitu makanan yg sehat & tak terkontaminasi bakteri atau zat beracun. Makanan yg tidak layak konsumsi pemicunya antara lain adalah makanan yg tersimpan lama dalam lemari es.


Selain itu, penyebab lain dari  makanan terkontaminasi bakteri adalah tangan yg kotor ketika mengolahnya maupun makanan yg tidak dimasak dgn sempurna.
Tanda – tanda makanan tidak layak dikonsumsi antara lain sebagai berikut:
1. Rasa.
  • Rasa makanan dapat menjadi ciri makanan tak layak konsumsi. Rasa mengungkapkan arti enak dari sebuah makanan. Sebagai contoh, Susu & yogurt akan terasa asam ketika terkontaminasi bakteri. Sedangkan buah & sayuran akan terasa menyehatkan bila diolah tanpa menghilangkan gizinya. Namun, pastikan untuk turut memperhatikan waktu memasak agar tidak memicu munculnya bakteri.
2. Bau.
  • Salah satu tanda makanan tak layak konsumsi adalah makanan yg sudah basi. Makanan basi mudah dikenali lewat aromanya.Biasanya makanan basi akan berbau tajam & tidak enak. Misalnya ikan busuk, bau amonia akan keluar lantaran kandungan lemaknya sudah mulai rusak.
3.  Warna Makanan.
  • Warna beberapa makanan akan berubah saat tak lagi layak konsumsi. Salah satu contohnya warna nasi yg akan berubah menjadi kekuningan. Bakteri juga akan muncul pada makanan yg memiliki kadar air tinggi. Hal ini disebabkan oleh jamur yg tumbuh hingga tampak bercak putih & abu-abu, misalnya pada keju, selai, roti, & daging. Bila kadar airnya bertambah banyak, seperti pada pasta, keju, & selai, buang segera makanan. Bertambahnya air menjadi tanda bakteri yg tumbuh di  tempat lembab.
4. Tidak ada tanda jelek.
  • Tidak ada tanda jelek juga bisa menjadi cirri makanan tak layak konsumsi. Ada beberapa makanan yg tidak akan menunjukkan tanda-tanda bila sudah terkontaminasi. Bakteri E.Coli, yg menyebabkan keracunan makanan, tidak menghasilkan perubahan bau & rasa. Cara terbaik untuk menghindarinya adalah pastikan Anda memasak sampai matang sempurna. Bila Anda ragu-ragu terhadap kualitas apapun, lebih baik dibuang jangan disimpan, buanglah makanan yg telah melebihi batas waktu yg ditentukan.
Demikian Tanda – Tanda Makanan Tak Layak Konsumsi, semoga bermanfaat.
http://buka-mata.blogspot.com/2012/12/tanda-tanda-makanan-tidak-layak-konsumsi.html
Special Thanks to :
1. Allah SWT
2. Pengunjung
3. Pengiklan
Anda sedang membaca artikel tentang Tanda – Tanda Makanan Tidak Layak Konsumsi dan anda bisa menemukan artikel Tanda – Tanda Makanan Tidak Layak Konsumsi ini dengan url http://buka-mata.blogspot.com/2012/12/tanda-tanda-makanan-tidak-layak-konsumsi.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Tanda – Tanda Makanan Tidak Layak Konsumsi ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Tanda – Tanda Makanan Tidak Layak Konsumsi sebagai sumbernya.
The item being reviewed 4 5 24

ARTIKEL TERKAIT:

Tanda – Tanda Makanan Tidak Layak Konsumsi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Buka Mata

1 comments:

  1. thx infonya.. mau ngajarin anak sy soalnya pagi2 bawa bekal utk lunch di sklh. nyampe rmh kl masi sisa uda bau basi. sy tny wkt mkn uda basi blom? dia ga tau

    BalasHapus