Www.buka-mata.blogspot.co.id adalah blog tentang tips/ cara, beternak/ budidaya dan pendidikan

Tips/ Cara Menabung Yang Mudah

Tips/ Cara Menabung Yang Mudah - Buka Mata. Menabung menjadi kata yg mudah diucapkan, namun kadang sulit dilakukan. Apalagi bagi Anda yg merasa berpenghasilan pas-pasan. Sebenarnya menabung itu sangat mudah, selama pengeluaran Anda lebih kecil dari pendapatan. Berikut cara mudah menabung sehingga Anda mempunyai cadangan dana untuk kebutuhan di masa depan.



Biasakan Gaya Hidup Hemat
  • Sebenarnya ada banyak cara untuk berhemat tanpa harus menderita. Bawalah makanan & air minum dari rumah, gunakan transportasi umum, berhenti merokok, manfaatkan diskon agar memperoleh barang yg Anda “butuhkan” dengan lebih murah, & masih banyak lagi.
Perhatikan Kebiasaan Hidup Anda.
  • Sebelum Anda memutuskan pengeluaran mana yg perlu dihemat agar bisa menabunguntuk menghemat pengeluaran yg mana, Anda harus tahu bagaimana kebiasaan Anda dalam mengeluarkan uang setiap bulannya.Catat bagaimana kebiasaan hidup Anda sehingga Anda akan tahu pengeluaran mana yg sebenarnya bisa ditabung. Cobalah mulai mencatat pengeluaran harian, mingguan & bulanan. Gunakan buku kecil yg mudah dibawa kemana-mana. Jangan kaget kalau ternyata kebiasaan membeli minuman di kantin kantor yg hanya Rp 25.000 per minggu, sebenarnya bisa mencapai lebih dari Rp 1,5 juta setahun. Jika Anda menemukan hal-hal seperti ini, maka berhematlah dengan cara membawa minuman sendiri kemanapun Anda pergi. Begitu juga dengan pengeluaran yg lain, untuk beli baju atau sepatu tunggu saja waktu ada SALE. Dan jangan lupa tentukan batas anggaran yg bisa digunakan saat belanja.
Jangan Sepelekan Uang Koin
  • Uang dalam bentuk koin sering dianggap uang kecil & tidak penting, padahal bila dikumpulkan sesuai dengan pepatah “sedikit sedikit lama lama menjadi bukit” Gunakan celengan atau toples untuk mengumpulkan uang koin. Di saat toples atau celengan penuh bisa menambah jumlah tabungan Anda atau setidaknya dapat digunakan untuk kebutuhan kecil seperti memberi uang jajan anak, membeli garam & lain-lain.
Memotivasi Diri untuk Mencapai Tujuan yg Diinginkan
  • Tentukan apa yg Anda inginkan (Gadget terbaru, Rumah, Mobil, Paket Liburan Keluarga, Home Theatre.). Pasang gambar impian Anda di meja kerja, kamar atau dompet agar Anda selalu ingat tujuan Anda menabung. Hal ini agar Anda tidak mudah tergoda tiap kali ada diskon ataupun SALE di mal. Ketahui berapa jumlah dana yg dibutuhkan, kemudian tentukan cara yg realistis untuk mendapatkannya.
Buka Rekening Untuk Tujuan Tertentu
  • Untuk pengeluaran dengan jumlah yg besar, seperti untuk rumah atau mobil, menabung dengan memanfaatkan deposito dapat menjadi pilihan. Rekening ini umumnya memiliki tingkat bunga lebih tinggi daripada tabungan biasa, & jangka waktu yg periodenya telah ditentukan. Dengan demikian Anda tidak dapat menyentuhnya saat ada godaan untuk berbelanja, namun tetap dapat dicairkan saat terjadi keadaan darurat.
Segera bayar hutang-hutang Anda

  • Segera melunasi utang merupakan salah satu cara terbaik untuk mempercepat Anda dalam menabung. Selain secara psikologis Anda lebih tenang, menyegerakan melunasi hutang sangat dianjurkan karena bunga pinjaman lebih tinggi dari bunga tabungan.
Disiplin Menabung
  • Menjaga kedisiplinan dalam menabung adalah hal yg cukup sulit dilakukan. Namun ini adalah salah satu kunci sukses menabung. Setelah utang terbayar, maka teruslah sisihkan dana setiap bulannya ke tabungan, bahkan lebih baik lagi jika tersedia penarikan otomatis untuk masukkan ke investasi. Begitupun setelah satu hajat tercapai, tetaplah disiplin menabung.
Sisihkan Uang di Awal Bulan
  • Jika Anda terbiasa untuk berbelanja & baru menabung setelah ada sisa uang di akhir bulan, maka umumnya sisa uang yg ada di rekening Anda tidak banyak. Sisihkan uang di awal pendapatan, setelah digunakan untuk pembayaran hal-hal pokok seperti membayar listrik, air & cicilan.
  • Siapkan dana hari tua, dana darurat, & dana kuliah dengan cara automatic transfer. Setiap akhir bulan Anda akan merasa senang bahwa Anda sudah menyimpan sesuatu untuk masa depan.
Tentukan Tanggal Menabung
  • Bagi Anda yg mendapat gaji bulanan maka tentukan tanggal menabung segera setalah tanggal gajian. Sedangkan bagi Anda yg menerima upah/gaji tiap dua minggu, maka tentukan satu dari dua tanggal tersebut untuk menyisihkan dana yg akan ditabung. Jika Anda wirausahawan, tentukan tanggal di saat Anda tidak membayar tagihan-tagihan.
Gunakan Bonus & Kejutan Lainnya Untuk Menabung

Demikian Tips/ Cara Menabung Yang Mudah, semoga bermanfaat. Selamat mencoba!

 
Special Thanks to :
1. Allah SWT
2. Pengunjung
3. Pengiklan
Anda sedang membaca artikel tentang Tips/ Cara Menabung Yang Mudah dan anda bisa menemukan artikel Tips/ Cara Menabung Yang Mudah ini dengan url http://buka-mata.blogspot.com/2012/12/tips-cara-menabung-yang-mudah.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Tips/ Cara Menabung Yang Mudah ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Tips/ Cara Menabung Yang Mudah sebagai sumbernya.
The item being reviewed 4 5 24

ARTIKEL TERKAIT:

Tips/ Cara Menabung Yang Mudah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Buka Mata

0 comments:

Posting Komentar