Www.buka-mata.blogspot.co.id adalah blog tentang tips/ cara, beternak/ budidaya dan pendidikan

Macam - Macam Penyakit Mata

Macam - Macam Penyakit Mata - Buka Mata. Secara alamiah, mata sebenarnya punya mekanisme mengatasi masalahnya sendiri. Misalnya, debu atau rambut mata yg masuk & membuat mata kelilipan akan keluar misalnya dengan hanya mengedipkan mata berulang kali. Baru kalau cara itu tidak mempan & mata tetap merah, maka yg pertama bisa dilakukan adalah menganjurkan untuk beristirahat & tidak keluar rumah sementara waktu.

Obat tetes mata yg dijual di warung sebaiknya setelah tiga kali pemakaian dan mata tidak menunjukkan gejala membaik maka sebaiknya memeriksakan ke dokter. Obat tetes mata tdk boleh digunakan untuk jangka yang panjang karena justru akan menimbulkan peradangan. Obat tetes mata menggunakan bahan kimia yg bersifat asam sehingga cenderung menimbulkan rasa pedih. Fungsinya sebenarnya untuk mengurangi iritasi akibat debu atau angin. Namun, sakit mata karena infeksi akibat virus atau bakteri tidak bisa hanya diatasi dengan obat tetes tapi perlu penanganan yg lebih komprehensif oleh dokter mata.

Macam - Penyakit Mata

Yang perlu diketahui, penyakit mata sangat beragam jenisnya & tidak semuanya merupakan penyakit menular. Penyakit mata yg bisa menular hanyalah yg disebabkan oleh virus maupun bakteri, sedangkan yg disebabkan alergi tidak akan menular. Upaya penyembuhan sakit mata akibat alergi bisa dilakukan dengan pengobatan rutin & menjaga mata agar bebas dari sumber-sumber peemicu seperti debu, bulu, asap, & lainnya.

Jenis penyakit mata & cara penanganannya:

KONJUNGTIVITIS
Adalah iritasi/peradangan akibat infeksi pada bagian selaput yg melapisi mata. Gejalanya mata memerah, terasa nyeri, berair, gatal, keluar kotoran (belekan), & penglihatan (kabur). Penyakit yg mudah menular & bisa berlangsung hingga berbulan-bulan ini disebabkan beberapa faktor, seperti infeksi virus atau bakteri, alergi (debu, serbuk, bulu, angin, atau asap), penggunaan lensa kontak yg kurang bersih, & pemakaian lensa kontak jangka panjang. Bayi juga dapat menderita penyakit serupa. Hanya saja penyebabnya lebih karena infeksi yg timbul ketika melewati jalan lahir. Lantaran itulah, pada bayi penyakit ini disebut konjungtivitis gonokokal. Seperti diketahui, jalan lahir tidaklah steril dari kuman tertentu yg mungkin bisa menimbulkan infeksi. Nah, saat bayi lahir melewati jalan lahir (vagina), ia tentu akan terpapar kuman yg ada di lokasi itu. Jika mengenai mata bisa mengakibatkan infeksi pada mata dengan gejala mata merah & belekan. Oleh karena itu, pada umumnya mata bayi baru lahir akan ditetesi obat mata atau salep antibiotika untuk mematikan bakteri yg dapat menyebabkan konjungtivitis gonokokal.

Penanganan:
  • Kompres mata dengan air hangat.
  • Gunakan obat tetes mata atau salep antibiotika sesuai resep dokter. Biasanya penderita juga diberi tablet atau suntikan untuk mengurangi iritasi & gatal pada mata.
  • Bersihkan tangan sebelum mengoleskan salep agar tak menimbulkan iritasi lebih parah.
  • Usahakan agar penyakit ini tidak menyebar pada orang lain, misalnya memisahkan alat-alat yg digunakan & tidak digunakan oleh orang lain.
KERATOKONJUNGTIVITAS VERNALIS
Adalah iritasi/peradangan pada bagian kornea (selaput bening) akibat alergi sehingga menimbulkan rasa sakit. Gejalanya: mata merah, berair, gatal, kelopak mata bengkak, & terjadi kotoran mata (belekan). Perlu diketahui Keratokonjungtivitas Vernalis merupakan peradangan yg berulang alias musiman & penderitanya cenderung kambuh terutama pada musim panas. Terkadang penderita Keratokonjungtivitas Vernalis mengalami kerusakan pada sebagian kecil kornea yg menyebabkan nyeri yg akut.

Penanganan Jenis Penyakit Mata Keratokonjungtivitas Vernalis:
  • Jangan menyentuh atau menggosok bagian mata karena bisa menyebabkan iritasi
  • Mata dikompres dengan air hangat.
  • Dokter biasanya akan memberikan obat tetes mata.
ENDOFTALMITIS

Merupakan infeksi yg terjadi di lapisan mata bagian dalam sehingga bola mata bernanah. Gejalanya berupa mata merah, nyeri, bahkan sampai mengalami gangguan penglihatan. Biasanya terjadi karena mata tertusuk sesuatu seperti lidi atau benda tajam lainnya. Infeksi ini cukup berat sehingga harus segera ditangani karena bisa menimbulkan kebutaan.

Penanganan Jenis Penyakit Mata ini
  • Bawa ke dokter mata supaya diberi obat antibiotika.
  • Untuk mengeluarkan nanah yg berada di bola mata, penderita harus menjalani pembedahan.
SELULITIS ORBITALIS
Yaitu peradangan pada jaringan di sekitar bola mata. Gejalanya berupa mata merah, nyeri, kelopak mata bengkak, bola mata menonjol & bengkak, serta penderita mengalami demam. Penyakit mata ini pada anak-anak sering terjadi akibat cedera mata, infeksi sinus atau infeksi yg berasal dari gigi. Diagnosa pasti dapat ditegakkan melalui rontgen gigi & mulut atau CT Scan sinus. Jika tak segera ditangani bisa berakibat fatal, seperti kebutaan, infeksi otak atau pembekuan darah di otak.

Penanganan:
  • Untuk kasus yg tergolong ringan dapat diberikan antibiotika secara oral.
  • Pada kasus berat diberikan antibiotika melalui pembuluh darah atau bahkan pembedahan untuk mengeluarkan nanah ataupun mengeringkan sinus yg terinfeksi.
TRAKOMA
Adalah infeksi pada mata yg disebabkan bakteri Chlamydia trachomatis.  Bakteri ini berkembang biak di lingkungan yg kotor atau bersanitasi buruk. Trakoma sering menyerang anak-anak, terutama di berbagai negara berkembang. Pemaparan bakteri berlangsung saat anak menggunakan alat atau benda yg sudah tercemari Chlamydia  seperti sapu tangan atau handuk.Gejala trakoma adalah mata merah, mengeluarkan kotoran (belekan), pembengkakan kelopak mata & kelenjar getah bening, serta kornea kelihatan keruh. Penyakit ini sangat menular.

Penanganan:
Jauhkan alat/benda yg sudah dipakai penderita dari anggota keluarga yg lain.
Penderita biasanya akan diberi salep antibiotika yg mengandung tetracycline & erythromycin selama sekitar satu bulan bahkan bisa lebih.
Jika tak segera ditangani dapat menyebabkan pembentukan jaringan parut di kornea sehingga menyebabkan bulu mata melipat ke dalam & terjadilah gangguan penglihatan.
Jika terjadi kelainan bentuk pada kelopak mata atau kornea kemungkinan perlu dilakukan tindakan pembedahan.

BLEFARITIS
Di bagian bola mata terdapat lapisan air mata yg berfungi melindungi bola mata dari iritasi. Lapisan yg sangat halus ini terdiri atas tiga kelenjar, yaitu kelenjar minyak, air & lendir. Blefaritis adalah suatu peradangan pada kelopak mata karena terjadinya produksi minyak yg berlebihan yg berasal dari kelenjar minyak tersebut. Tidak diketahui persis mengapa produksi minyak bisa menjadi berlebihan. Sayangnya kelebihan minyak ini ada di dekat kelopak mata yg juga sering didatangi bakteri.

Gejala blefaritis berupa mata merah, nyeri, panas, gatal, berair, ada luka di bagian kelopak mata & membengkak. Pada beberapa kasus sampai terjadi kerontokan bulu mata. Ada dua jenis blefaritis yaitu blefaritis anterior & blefaritis posterior. yg pertama merupakan peradangan di kelopak mata bagian luar depan yaitu di tempat melekatnya bulu mata. Penyebabnya adalah bakteri stafilokokus. yg kedua adalah peradangan di kelopak mata bagian dalam, yaitu bagian kelopak mata yg bersentuhan dengan mata. Penyebabnya adalah kelainan pada kelenjar minyak.

Penanganan:
  • Salah satu upaya yg bisa dilakukan yaitu dengan cara sering membersihkan sekitar kelopak mata untuk mengangkat minyak. Ada sejenis pembersih khusus yg bisa digunakan.
  • Untuk membunuh bakteri digunakan salep antibiotika seperti erythromycin  atau sulfacetamide. Bisa juga dengan obat antibiotika oral seperti tetracycline .
DAKRIOSISTITIS
Penyebab dakriosistitis adalah penyumbatan yg terjadi pada duktus nasolakrimalis yaitu saluran yg mengalirkan air mata ke hidung. Faktor alergilah yg menyebabkan terjadinya sumbatan pada saluran tersebut. Akibatnya adalah infeksi di sekitar kantung air mata yg menimbulkan nyeri, warna merah & bengkak, bahkan bisa sampai mengeluarkan nanah & penderita mengalami demam. Infeksi yg ringan biasanya akan cepat sembuh walau tetap ada pembengkakan. Sementara yg tergolong parah dapat menyebabkan kemerahan & penebalan di atas kantung air mata. Jika terus berlanjut akan terbentuk kantung nanah.

Penanganan:
  • Dengan cara pemberian antibiotika oral atau melalui pembuluh darah.
  • Bisa dilakukan pengompresan dengan air hangat di sekitar kantung air mata
  • Jika terjadi kantung nanah maka harus dilakukan pembedahan.
ULKUS KORNEA

Adalah infeksi pada kornea bagian luar. Biasanya terjadi karena jamur, virus, protozoa atau karena beberapa jenis bakteri, seperti stafilokokus, pseudomonas atau pneumokokus. Penyebab awal bisa karena mata kelilipan atau tertusuk benda asing. Penyakit Mata ini terkadang terjadi di seluruh permukaan kornea sampai ke bagian dalam & belakang kornea. Jika keadaan memburuk dapat menyebabkan komplikasi infeksi di bagian kornea yg lebih dalam, perforasi kornea (terjadi lubang), kelainan letak iris (selaput pelangi) & kerusakan mata. Gejalanya mata merah, nyeri, gatal, berair, muncul kotoran mata, peka terhadap cahaya (photo phobia) , pada bagian kornea tampak bintik nanah warna kuning keputihan, & gangguan penglihatan.

Penanganan:
  • Penderita penyakit mata ini perlu melakukan berbagai pemeriksaan seperti tes refraksi, tes air mata, pengukuran kornea (keratometri), & tes respons refleks pupil.
  • Jika tingkat ringan dapat ditangani dengan obat tetes mata yg mengandung antibiotika, antivirus atau antijamur.
  • Penderita yg tergolong berat kemungkinan perlu menjalani pembedahan yaitu pencangkokan kornea.
Demikian artikel tentang  Macam - Macam Penyakit Mata, semoga bermanfaat.

Baca juga:
Special Thanks to :
1. Allah SWT
2. Pengunjung
3. Pengiklan
Anda sedang membaca artikel tentang Macam - Macam Penyakit Mata dan anda bisa menemukan artikel Macam - Macam Penyakit Mata ini dengan url https://buka-mata.blogspot.com/2013/02/macam-macam-penyakit-mata.html?m=0,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Macam - Macam Penyakit Mata ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Macam - Macam Penyakit Mata sebagai sumbernya.
The item being reviewed 4 5 24

ARTIKEL TERKAIT:

Macam - Macam Penyakit Mata Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Posting Komentar