Www.buka-mata.blogspot.co.id adalah blog tentang tips/ cara, beternak/ budidaya dan pendidikan

Cara Mengurangi Nyeri Leher

Cara Mengurangi Nyeri Leher - Buka Mata. Ada beberapa cara untuk mengurangi nyeri leher yang dapat dilakukan antara lain:

Cara Mengurangi Nyeri Leher

Cara Mengurangi Nyeri Leher
Cara Mengurangi Nyeri Leher

1. Saat nyeri leher menyerang di tempat kerja, tekan dahi ke telapak tangan
  • Tegangnya otot-otot leher juga dapat disebabkan karena stres yang menyebabkan kekakuan dan lama kelamaan akan menjadi nyeri leher. Anda dapat mengurangi ketegangan dan memperkuat leher pada waktu yang sama dengan melakukan latihan sederhana di meja kerja.
  • Duduklah di kursi dengan keadaan tidak bersandar ke belakang dan tempatkan siku Anda pada meja. Dengan kepala berpusat di bahu, tekan dahi ke telapak tangan selama 3-5 detik. Gunakan telapak tangan untuk menahan kepala Anda dan ulangi hal ini sebanyak 3 sampai 5 kali.
  • Kemudian duduklah dengan tegak dan tempatkan telapak tangan Anda di belakang kepala dengan siku berada dalam posisi keluar ke samping. Tekan kepala Anda kembali ke telapak tangan sehingga telapak tangan menahan tekanan dari kepala Anda. Tahan selama 3-5 detik dan ulangi tiga sampai lima kali.
Cara Mengurangi Nyeri Leher

2. Lakukan latihan ringan untuk menguatkan bahu
  • Satu lagi latihan ringan yang dapat Anda lakukan di tempat kerja untuk mengurangi nyeri leher. Tempatkan telapak tangan Anda di tepi kursi dan tekan ke dalam tangan Anda hingga pinggul dan bokong terangkat sekitar satu atau dua inchi ke udara. Tahan selama 5 detik, turunkan dan ulangi sebanyak 5 kali untuk menguatkan otot bahu.
3. Tarik kembali tulang belikat ketika sedang bersantai
  • Anda juga dapat melakukan latihan ringan untuk mengurangi kekakuan otot leher ketika sedang bersantai atau menonton TV bersama keluarga di rumah. Duduklah di tepi kursi dan tegakkan punggung Anda ke belakang.
  • Tempatkan tangan Anda di pangkuan dan tariklah punggung ke belakang agar tulang belikat ikut tertarik. Tahan hingga beberapa detik, kembali bersantai dan kemudian ulangi sekali lagi ketika akan berangkat tidur.
4. Buatlah kompres leher sendiri
  • Isi 3/4 bagian kaus kaki bersih yang sudah tidak terpakai dengan nasi putih, 2 batang kayu manis, dan 1 sendok makan cengkeh. Ikat erat dengan karet gelang dan panaskan dalam microwave selama 2 menit.
  • Gantungkan melingkar di leher bagian belakang atau tengkuk Anda sebagai obat aromatherapeutic yang dapat menenangkan bahu dan leher yang sakit. Anda dapat menggunakannya berulang-ulang, sampai aromanya menghilang.
5. Lakukan latihan leher setiap 45 menit menatap layar komputer
  • Ketika sedang mengemudi atau bekerja di depan komputer, seseorang cenderung memajukan kepalanya. Hal ini akan menambah tekanan pada leher, menyebabkan kekakuan otot dan akhirnya nyeri leher.
  • Untuk mencegah nyeri leher, lakukan latihan dengan menjaga dagu tegak lurus dengan badan dan tarik kepala perlahan ke belakang, tahan selama lima detik. Ketika Anda sedang menatap layar komputer, lakukan latihan ini setiap 45 menit sekali.
6. Gerakkan leher Anda dengan gerakan melingkar
  • Jika Anda telah mengalami nyeri leher, gerakkan leher Anda setiap 1 jam dengan cara menjatuhkan dagu ke dada, lalu putar leher Anda ke kiri, ke belakang, ke kanan, dan turun lagi dalam gerakan melingkar. Ulangi gerakan ini sebanyak 5 kali, kemudian lakukan kembali dari arah yang berlawanan.
7. Pastikan Anda tidur di bantal yang tepat
Special Thanks to :
1. Allah SWT
2. Pengunjung
3. Pengiklan
Anda sedang membaca artikel tentang Cara Mengurangi Nyeri Leher dan anda bisa menemukan artikel Cara Mengurangi Nyeri Leher ini dengan url http://buka-mata.blogspot.com/2013/04/cara-mengurangi-nyeri-leher.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Cara Mengurangi Nyeri Leher ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Cara Mengurangi Nyeri Leher sebagai sumbernya.
The item being reviewed 4 5 24

ARTIKEL TERKAIT:

Cara Mengurangi Nyeri Leher Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Buka Mata

1 comments:

  1. Waah thanks bgt sob info nya, hehe kadang ane bangun tidur sering bgt lehernya sakit moga ane bisa terapkan tips di atas

    BalasHapus