Www.buka-mata.blogspot.co.id adalah blog tentang tips/ cara, beternak/ budidaya dan pendidikan

Tips Cara Mengatasi Susah Tidur - Insomnia

Cara Mengatasi Susah Tidur - Insomnia,Cara Mengatasi Susah Tidur - Insomnia,Cara Mengatasi Susah Tidur - Insomnia,Cara Mengatasi Susah Tidur - Insomnia,Cara Mengatasi Susah Tidur - Insomnia,Cara Mengatasi Susah Tidur - Insomnia,Cara Mengatasi Susah Tidur - Insomnia,Cara Mengatasi Susah Tidur - Insomnia,Cara Mengatasi Susah Tidur - Insomnia,Cara Mengatasi Susah Tidur - Insomnia,Cara Mengatasi Susah Tidur - Insomnia,Cara Mengatasi Susah Tidur - Insomnia,Cara Mengatasi Susah Tidur - Insomnia,Cara Mengatasi Susah Tidur - Insomnia,Cara Mengatasi Susah Tidur - Insomnia,Cara Mengatasi Susah Tidur - Insomnia,Cara Mengatasi Susah Tidur - Insomnia,Cara Mengatasi Susah Tidur - Insomnia,Cara Mengatasi Susah Tidur - Insomnia,Cara Mengatasi Susah Tidur - Insomnia,Cara Mengatasi Susah Tidur - Insomnia,Cara Mengatasi Susah Tidur - Insomnia,buka mata,tips,cara,resep,membuat,budidaya,beternak,mengatasi,kesehatan,asam urat,terapi,rambut,mata,jantung,wanita,kanker,varises,jerawat,kulit,narkotika,shabu,heroin,merokok,ganja,merpati,kucing,nila,kacer,anis merah,jamur tiram,walet,kenari,sapi,perkutut,ayam bangkok,lele,nama bayi jawa,nama bayi islam arab,bakso,sup,kremes,soto,donat,kfc,siomay,burger,puding,kopi,download,soal,akuntansi,murai,auditing
Tips Cara Mengatasi Susah Tidur (Insomnia) - Buka Mata. Susah tidur atau sering dikenal sebagai insomnia merupakan hal yang sangat mengganggu. Untuk mengatasi susah tidur (insomnia) tidak sedikit orang untuk mengatasinya menggunakan obat-obatan, padahal cara ini tidak dianjurkan. Salah satu cara mengatasi susah tidur dengan olahraga karena dengan olahraga olah dapat menghilangkan tekanan mental dan ketegangan. Yang terpenting untuk mengatasi susah tidur adalah menghindari kebiasaan buruk misalnya mengonsumsi alkohol, merokok dll.

Tubuh yang kurang sehat akibat sakit menyeluruh atau sakit yang sangat nyeri membuat penderita akan menjadi gelisah dalam tidurnya. Gangguan jiwa dari gangguan yang ringan sampai gangguan jiwa yang berat sering kali menjadi penyebab insomnia. Kalau penyebabya faktor psikologi dinamakan insomnia simpleks.

Untuk dapat mengetahuinya secara pasti penyebabnya, maka harus diteliti secara seksama, apakah susah tidurnya selama beberapa jam atau susah tidurnya seluruh sepanjang malam. Gangguan ini dapat dilacak melalui cara hidup seseorang sampai dengan kehidupan malamnya.

Seseorang yang mengeluh susah tidur pada fase awal tidur malam hari dapat dikaitkan dengan adanya gangguan cemas yang hebat. Bila insomnianya terjadi tengah malam artinya waktu masuk tidurnya pukul 21.00-22.00 mudah tertapi akan terbangun tengah malam 24.00-02.00 dan tidak bisa tidur lagi gangguan insomnianya dapat dikaitkan dengan gangguan jiwa atau syaraf yang lumayan berat. Apabila bangunnya pukul 03.00-04.00 kemudian tidak bisa tidur lagi dapat dikaitkan dengan gangguan depresi berat.

Jenis insomnia ada 3 yaitu insomnia sementara, insomnia jangka pendek, dan insomnia kronis. Susah tidur selain karena faktor psikologi juga dapat dikarenakan pengaruh minuman keras atau minuman yang banyak mengandung kafein, penyakit, pengaruh obat penenang dan obat tidur dalam jangka yang lama, obat penurun tekanan darah tinggi golongan betablocker seperti athenol, nadolol, propanolol, dll.

Insomnia juga dapat disebabkan karena disoririentasi waktu, siklus tidur yang kacau sehingga jam biologik tidurnya pun kacau. Misalnya orang yang sering bepergian menggunakan beberapa zona waktu biasanya akan mengalami insomnia dan kelelahan tubuh.

Mengobati sendiri insomnia dengan obat penenang sangat tidak dianjurkan karena tindakan itu dikhawatirkan dapat berdmpak tidak baik misalnya terjadi ketergantungan terhadap obat tersebut, pikun dan gangguan organ tubuh.

Para ahli menganjurkan bagi penderita insomnia dengan banyak mengonsumsi tembaga (2mg), zat besi (10-15mg) serta magnesium (400mg), tetapi untuk penderita penyakit jantung dan ginjal perlu konsultasi ke dokter terlebih dahulu.

Tips Cara Mengatasi Susah Tidur - Insomnia yang dapat dilakukan:
  • Perhatikan ukuran kasur, apakah cukup besar apalagi untuk berdua dengan pasangan. Kasur yang sehat adalah kasur yang tidak terlalu empuk dan terlalu kaku. Jika terlalu empuk dapat menyebabkan sakit pinggang. Apabila kasur terlalu kaku dapat menyebabkan sakit leher dan bahu.
  • Bantal juga harus diperhatikan, karena bantal akan menentukan posisi tidur kita. Bantal yang gepeng dengan kualitas yang rendah dapat mengganggu tulang belakang, pilihlah bantal yang padat tetapi empuk sehingga sirkulasi darah dapat lancar untuk bergerak.
  • Sprei yang lembut. Dengan sprey yang lembut maka akan menambah kenyamanan dalam tidur.
  • Kamar tidur hanya khusus untuk tidur saja, jangan untuk bekerja
  • Usahakan jadwal tidur dan bangun secara teratur
  • Berolahraga. Dengan melakukan olah raga dapat menghilangkan tekanan mental dan ketegangan otot.
  • Menghentikan rokok, atau kalau susah menghentikannya paling tidak mengurangi pada malam hari. Nikotin yang ada di rokok dapat mengusir kantuk dan menjauhkan dari tidur nyaman. Jauhkan minuman  yang mengandun kafein seperti kopi, teh, coklat paling tidak 4 jam sebelum tidur. Dan terkadang malam hari lapar, makan pisang saja karena mengandung asam amini tryptophan.
  • Hindari minuman beralkohol terutama pada malam hari.
  • Berhati-hati dengan obat flu yang mengandung phenylpropanolamine atau perangsang jenis lainnya yang dijual di pasaran.
  • Meditasi, relaksasi, yoga atau dengan mendengarkan musik dengan alunan yang menenangkan dapat membantu tidur lebih nyaman. pejamkan mata dan santaikan badan mulai dari ujng kaki, sampai dengan tubuh benar-benar rileks.
  • Kalau tidak bisa tidur juga di dalam hati jangan katakan "saya harus tidur" karena  biasanya malah akan menjadi tidak bisa tidur. Lakukan hal yang tidak menyenangkan sampai mengantuk.
  • Menghindari tidur siang atau tidur pada sore hari.
  • Menghindari suara-suara ribut dan menghindari lampu yang terang.
Cara Mengatasi Susah Tidur - Insomnia,Cara Mengatasi Susah Tidur - Insomnia,Cara Mengatasi Susah Tidur - Insomnia,Cara Mengatasi Susah Tidur - Insomnia,Cara Mengatasi Susah Tidur - Insomnia,Cara Mengatasi Susah Tidur - Insomnia,Cara Mengatasi Susah Tidur - Insomnia,Cara Mengatasi Susah Tidur - Insomnia,Cara Mengatasi Susah Tidur - Insomnia,Cara Mengatasi Susah Tidur - Insomnia,Cara Mengatasi Susah Tidur - Insomnia,Cara Mengatasi Susah Tidur - Insomnia,Cara Mengatasi Susah Tidur - Insomnia,Cara Mengatasi Susah Tidur - Insomnia,Cara Mengatasi Susah Tidur - Insomnia,Cara Mengatasi Susah Tidur - Insomnia,Cara Mengatasi Susah Tidur - Insomnia,Cara Mengatasi Susah Tidur - Insomnia,Cara Mengatasi Susah Tidur - Insomnia,buka mata,tips,cara,resep,membuat,budidaya,beternak,mengatasi,kesehatan,asam urat,terapi,rambut,mata,jantung,wanita,kanker,varises,jerawat,kulit,narkotika,shabu,heroin,merokok,ganja,merpati,kucing,nila,kacer,anis merah,jamur tiram,walet,kenari,sapi,perkutut,ayam bangkok,lele,nama bayi jawa,nama bayi islam arab,bakso,sup,kremes,soto,donat,kfc,siomay,burger,puding,kopi,download,soal,akuntansi,murai,auditing
Special Thanks to :
1. Allah SWT
2. Pengunjung
3. Pengiklan
Anda sedang membaca artikel tentang Tips Cara Mengatasi Susah Tidur - Insomnia dan anda bisa menemukan artikel Tips Cara Mengatasi Susah Tidur - Insomnia ini dengan url http://buka-mata.blogspot.com/2012/03/cara-mengatasi-susah-tidur-insomnia.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Tips Cara Mengatasi Susah Tidur - Insomnia ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Tips Cara Mengatasi Susah Tidur - Insomnia sebagai sumbernya.
The item being reviewed 4 5 24

ARTIKEL TERKAIT:

Tips Cara Mengatasi Susah Tidur - Insomnia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Buka Mata

1 comments: