Www.buka-mata.blogspot.co.id adalah blog tentang tips/ cara, beternak/ budidaya dan pendidikan

Proses Membuat Kain Sasirangan

Proses Membuat  Kain Sasirangan - Buka Mata. Secara garis besar proses pembuatan sasirangan dimulai dari penyiapan bahan sampai dengan kain sasirangan siap untuk dipasarkan adalah sebagai berikut :
  1. Menyiapkan Bahan
  2. Kain dipotong sesuai dengan ukuran yang diinginkan : Kain dipotong secukupnya disesuaikan utk keperluan pakaian wanita atau pria
  3. Membuat motif kain sasirangan : Kain digambar dengan motif-motif kain adat
  4. Membuat jahitan tangan/ikatan : dijahit dengan menggunakan tangan renggang mengikuti motif.  Kain yg telah dijahit, ditarik benang jahitannya dengan tujuan utk mengencangkan jahitannya, sehingga kain mengerut dengan rapat & kain sudah siap utk diproses selanjutnya.
  5. Pewarnaan : semua zat warna yg utk membatik dapat digunakan utk pewarnaan kain sasirangan. Namun zat warna yg sering  digunakan adl zat warna naphtol dengan garamnya. Bahan lainnya sebagai pembantu adl soda api (NaOH), Sepritus, air panas yg mendidih. Pertama adl  zat warna diambil secukupnya, kemudian  diencerkan/dibuat pasta dengan menambahkan Spirtus, kemudian diaduk sampai semua larut.  Setelah zat larut semua, kemudian ditambahkan beberapa tetes soda api & terakhir kemudian ditambahkan dengan air panas & air dingin sesuai kebutuhan.  Larutan harus jernih. Utk melarutkan zat warna naphtol sudah dianggap selesai & sudah dapat dipergunakan utk mewarnai kain sasirangan. Utk membuat warna yg diinginkan, zat warna naphtol harus ditimbulkan/dipeksasi dengan garamnya. Utk melarutkan garamnya, diambil sesuai dengan keperluan kemudian ditambahkan air panas sedikit demi sedikit sambil diaduk  sehingga zat larut semua & didapatkan larutan yg bening. Banyaknya larutan disesuaikan dengan keperluan. Kedua larutan yaitu naphtol & garam sudah dapat dipergunakan utk mewarnai kain sasirangan, yaitu dengan cara pertama-tama mengoleskan/ menyapukan zat warna naphtol pada kain yg telah disirang yg kemudian disapukan lagi/dioleskan larutan garamnya sehingga akan timbul warna pada kain sasirangan yg sudah diolesi sesuai dengan warna yg diinginkan. Setelah seluruh kain diberi warna, kain dicuci bersih-bersih sampai air cucian tidak berwarna lagi.
  6. Jahitan/ikatan dilepas : kain yg sudah bersih, kemudian dilepaskan jahitannya sehingga terlihat motif- motif bekas jahitan diantara warna-warna yg ada pada kain tersebut
  7. Pencucian
  8. Pengawetan
  9. Pengeringan
  10. Disetrika
  11. Kain sasirangan sudah jadi dan siap dibuat baju/lainnya atau siap untuk dipasarkan.


Special Thanks to :
1. Allah SWT
2. Pengunjung
3. Pengiklan
Anda sedang membaca artikel tentang Proses Membuat Kain Sasirangan dan anda bisa menemukan artikel Proses Membuat Kain Sasirangan ini dengan url https://buka-mata.blogspot.com/2012/03/proses-membuat-kain-sasirangan.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Proses Membuat Kain Sasirangan ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Proses Membuat Kain Sasirangan sebagai sumbernya.
The item being reviewed 4 5 24

ARTIKEL TERKAIT:

Proses Membuat Kain Sasirangan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Posting Komentar