Www.buka-mata.blogspot.co.id adalah blog tentang tips/ cara, beternak/ budidaya dan pendidikan

Tujuan Akuntansi

Tujuan Akuntansi - Buka Mata. Tujuan akuntansi laporan keuangan meliputi tujuan umum dan tujuan kualitatif.

A. Tujuan Umum

Tujuan umum akuntansi laporan keuangan dapat dinyatakan menjadi :
  1. Informasi yang dapat dipercaya mengenai perubahan sumber ekonomi netto perusahaan yang timbul dari kegiatan untuk mendapatkan laba.
  2. Memberikan informasi yang dapat dipercaya mengenai aktiva perusahaan, Kewajiban dan Modal.
  3. Membantu pemakai dalam memperkirakan potensi perusahaan untuk menghasilkan laba.
  4. Memberikan informasi yang penting lainnya mengenai perubahan sumber ekonomi dan kewajiban seperti informasi aktivitas belanja.
  5. Mengungkapkan informasi lain yang berhubungan dengan laporan keuangan yang relevan untuk kebutuhan para pemakai laporan keuangan.
B. Tujuan Kualitatif

Tujuan kualitatif akuntansi laporan keuangan adalah sebagai berikut:
  1. Relevan
  2. Dapat dimengerti
  3. Daya uji
  4. Netral
  5. Tepat waktu
  6. Daya banding
  7. Lengkap
Pengertian masing-masing tujuan akuntansi laporan keuangan dapat dijelaskan sebagai berikut:

1. Relevan
  • Biasanya relevansi informasi dihubungkan dengan maksud penggunaannya karena jika informasi tersebut tidak relevan maka informasi tersebut tidak ada gunanya bagi pemakai informasi. Terkadang suatu informasi memiliki tingkat relevansi yang tinggi untuk satu pengguna tetapi belum tentu untuk pengguna yang lainnya.

2. Dapat dimengerti
  • Informasi harus dapat dimengerti yang disesuaikan dengan batas pengertian para pemakainya, sehingga pemakai diharapkan memiliki kemampuan mengenai hal aktivitas perusahaan, proses akuntansi dan laporan keuangan.
3. Daya Uji
  • Untuk meningkatkan manfaatnya, maka harus dapat diuji kebenarannya oleh pengukur yang independen dengan menggunakan metode pengukuran yang sama, namun hal ini bersifat subyektif.
4. Netral
  • Informasi harus untuk kepentingan umum pemakai, tidak boleh hanya untuk  kebutuhan atau keinginan pihak tertentu saja.
5. Tepat waktu
  • Hal ini ditujukan agar dapat secepat mungkin digunakan dan menghindari tertundanya suatu keputusan hanya karena tidak tepat waktu.
6. Daya saing
  • Laporan akan lebih bermanfaat jika disajikan secara komparatif, misalnya dibandingkankan dengan tahun sebelumnya atau misalnya dibandingkan dengan laporan keuangan dengan perusahaan yang sejenis pada tahun yang sama.
7. Lengkap
  • Tujuan akuntansi ini dimaksudkan bahwa tidak hanya menghendaki pengungkapan fakta keuangan yang penting saja melainkan juga menghendaki penyajian fakta tersebut sedemikian rupa sehingga tidak menyesatkan bagi para pemakainya.


Special Thanks to :
1. Allah SWT
2. Pengunjung
3. Pengiklan
Anda sedang membaca artikel tentang Tujuan Akuntansi dan anda bisa menemukan artikel Tujuan Akuntansi ini dengan url https://buka-mata.blogspot.com/2012/03/tujuan-akuntansi.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Tujuan Akuntansi ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Tujuan Akuntansi sebagai sumbernya.
The item being reviewed 4 5 24

ARTIKEL TERKAIT:

Tujuan Akuntansi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Posting Komentar