Cara Membedakan Anak Ayam Jantan dan Betina


Cara Membedakan Anak Ayam Jantan dan Betina – Buka Mata.  Untuk membedakan anak ayam berjenis kelamin jantan atau betina untuk umur seminggu memang agak sulit, biasanya hanya melihat dari penampilan, bentuk muka atau jengger anak ayam, anak ayam bangkok yg berkelamin jantan tercermin dari tingkah lakunya yg lebih lincah dibandingkan anak ayam bangkok betina, sikap berdirinya tegak, & tampak gagah. Cara lain yg dapat dilakukan untuk menebak jenis kelamin anak ayam bangkok yaitu dgn melihat mukanya. Untuk anak ayam Bangkok yg jantan bentuk mukanya agak bulat, demikian juga bila lehernya tinggi, kemungkinan berkelamin jantan.

Ada beberapa Cara Membedakan Anak Ayam Jantan dan Betina dengan melihat jengger anak ayam, bulu, atau kaki anak ayam. Tetapi ada yg melihat dari kloaka anak ayam untuk menentukan jenis kelamin, dgn metode kloaka ini anak ayam umur seharipun sudah dapat dipastikan jenis kelaminnya. Kloaka adalah lubang posterior yg berfungsi sebagai satu-satunya lubang untuk saluran pencernaan, urin, & (umumnya) genital pada spesies hewan tertentu. Semua jenis burung, reptilia, & amfibi memiliki kloaka yg digunakan untuk mengekskresikan baik urin maupun feses. Marsupialia & monotremata juga memiliki satu kloaka, walaupun marsupialia & beberapa burung memiliki saluran genital yg terpisah. Sebaliknya, sebagian besar spesies anggota mamalia berplasenta & ikan bertulang keras tidak memiliki kloaka melainkan suatu saluran khusus yg berfungsi seperti kloaka.

Cara ini lebih tepat, tetapi lebih membutuhkan keterampilan & pengalaman. Segera setelah anak ayam menetas seleksi kelamin harus dilakukan, paling lambat 36 jam setelah menetas. Pada saat ini anak ayam belum diberi makan atau minum hingga kloakanya belum mengeras & ini memudahkan seleksi & juga bertujuan untuk mengurangi stres pada anak ayam. Dari kloaka akan diketahui jenis kelaminnya. Organ kelamin jantan akan tampak kecil sekali, bentuknya seperti kepala jarum. Ini dapat terlihat dalam penerangan cukup. Pada anak ayam betina bentuk seperti itu jarang sekali ditemukan.
Cara Membedakan Anak Ayam Jantan dan Betina melalui kloaka :


  • Anak ayam yg baru menetas dipegang dgn tangan kanan.
  • Lehernya dijepit di antara jari tengah & jari manis tangan kiri.
  • Perut bagian bawah diraba dgn ibu jari & kelingking tangan kiri. Jika terasa keras, anus anak ayam diletakkan pada wadah kotoran yg sudah disediakan.
  • Punggung anak ayam diketuk-ketuk perlahan dgn jari tengah tangan kiri hingga kotoran keluar & jatuh ke penampung.
  • Bagian bawah lubang anus ditekan dgn ibu jari tangan mengarah ke atas.
  • Telunjuk tangan kanan juga ditaruh pada anus.
  • Ketiga jari  telunjuk kanan, ibu jari kanan, & ibu jari kiri digerakkan bersama-sama sehingga anus terbuka & kloaka bagian dalam menonjol keluar.
  • Kloaka diamati di bawah lampu & dikenali jenisnya kelaminnya. Jika ada tonjolan sebesar kepala jarum, berarti anak ayam itu jantan.

Terimakasih banyak atas kunjungannya...
Special Thanks to :
  1. Allah SWT
  2. Pengunjung
  3. Pengiklan
  4. GOOGLE.COM
  5. BLOGGER.COM

    ARTIKEL PILIHAN:

    LINK ARTIKEL:.

    Anda sedang membaca artikel tentang Cara Membedakan Anak Ayam Jantan dan Betina dan anda bisa menemukan artikel Cara Membedakan Anak Ayam Jantan dan Betina ini dengan url http://buka-mata.blogspot.com/2012/04/cara-membedakan-anak-ayam-jantan-dan.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Cara Membedakan Anak Ayam Jantan dan Betina ini bermanfaat, namun jangan lupa untuk meletakkan link Cara Membedakan Anak Ayam Jantan dan Betina ya sebagai sumbernya, he3...

    buka mata,tips,cara,resep,membuat,budidaya,beternak,mengatasi,kesehatan,asam urat,terapi,rambut,mata,jantung,wanita,kanker,varises,jerawat,kulit,narkotika,shabu,heroin,merokok,ganja,merpati,kucing,nila,kacer,anis merah,jamur tiram,walet,kenari,sapi,perkutut,ayam bangkok,lele,bayi,nama bayi jawa,nama bayi islam arab,bakso,sup,kremes,soto,donat,kfc,siomay,burger,puding,kopi,download,soal,akuntansi,murai,auditing,puasa,tarawih,witir,kue kering,cake Comment(s)

    U Comment I Follow
    Terima Kasih Atas Kunjungannya
    No SPAM, No SARA

    Poskan Komentar

       

    Pengikut


    Terimakasih Atas Kunjungannya

    Total Tayangan Laman

    Buka Mata

      ©Buka Mata | Privacy Policy | Modified and Enhanced by d-prabowo

    2012-2012 | Template by Dicas Blogger