Cara Mengatasi Penyakit Pada Lele

Cara Mengatasi Penyakit Pada Lele - Buka Mata. Penyakit pada lele dpt diakibatkan dari bermacam faktor, baik karena faktor alam maupun dari kesalahan tata cara pembudidayaan.

Cara mengatasi/ penggulangan penyakit pada lele dapat dilakukan dgn berbagai cara, tapi sebaiknya menggunakan dgn bahan-bahan yg sudah tersedia di alam atau disekitar lingkungan kita, selain lebih murah & mudah didapat, serta relatif lebih aman, baik utk lele maupun utk lingkungan sekitar.

Contoh penanggulangan penyakit lele dgn bahan alami :

1. Radang usus. 
  • Penyakit lele ini biasanya menunjukkan gejala lele akan terlihat berdiri tegak & bagian kumisnya menyembul di permukaan air. Cara mengatasi/ penanggulangannya dpt dgn cara menggunakan buah mengkudu yg sudah masak, caranya buah mengkudu yg sudah masak lalu masukkan pada kolam lele yg sakit, utk ukurannya disesuaikan saja dgn besaran kolam, misalnya utk kolam ukuran 2×4 cukup dgn 1 atau 2 buah mengkudu.
2. Radang Insang.
  • Ciri-cirinya adalah insang lele yg memerah. Cara mengatasi/ penanggulangan dpt dgn cara menggunakkan daun sirih & daun pepaya. Caranya, ambil 10 lembar daun sirih & 10 lembar daun pepaya segar, lalu rebus dgn 1 liter air (1gayung) biarkan mendidih sampai  air sat/susut menjadi tinggal 1 gelas. Setelah itu larutkan hasil rebusan air yg 1 gelas tadi dgn 10 gelas air bersih, hasil campuran inilah yg dpt digunakan, tebarkan larutan ini secukupnya pada permukaan air kolam yg terkena penyakit, dosis harus disesuaikan dgn luas kolam.
3. Asam lambung. 
  • Tanda-tandanya adl akan terlihat kembung karena berisi gas/angin & cairan. Cara mengatasi/ penanggulangannya seperti penanggulangan pada penyakit radang insang.
 4. Penyakit  jamur/radang kulit. 
  • Ciri-cirinya pada kulit lele akan terlihat bercak-bercak putih, atau jika yg sudah parah kulitnya seperti terkelupas. Cara mengatasi/ penanggulangannya dpt dgn ramuan seperti pada penanggulangan pada penyakit radang insang namun agar khasiat ramuan lebih efektif, sebaiknya ikan lele yg sakit direndam dlm baskom yg telah diisi dgn ramuan tersebut. jika jumlah ikan lele yg  sakit banyak, penanggulangan penyakit lele dpt dgn cara seperti di bawah ini :
  1. Kuras air kolam 50%
  2. Siapkan tempat utk menampung ikan yg akan diobati, isi dgn ramuan daun pepaya & daun sirih (yg telah dicampur dgn air bersih 10:1)
  3. Masukan ikan lele  ke dlm tempat penampungan. Waktunya disesuaikan saja, namun jangan terlalu lama, jika ikan lele terlihat sudah megap-megap, berarti sudah cukup.
  4. Kembalikan ikan lele ke dlm kolam. Kemudian tambahkan air kolam seperti volume awal, sebaiknya gunakan air yg berkualitas baik yaitu sudah dikompos atau air yg sudah melalui proses persiapan utk air kolam.
  5. Utk membantu proses penyembuhan, boleh menebar cairan ramuan tersebut ke dlm kolam, ditambah dgn memasukan buah mengkudu yg sudah masak.

Terimakasih banyak atas kunjungannya...
Special Thanks to :
  1. Allah SWT
  2. Pengunjung
  3. Pengiklan
  4. GOOGLE.COM
  5. BLOGGER.COM

    ARTIKEL PILIHAN:

    LINK ARTIKEL:.

    Anda sedang membaca artikel tentang Cara Mengatasi Penyakit Pada Lele dan anda bisa menemukan artikel Cara Mengatasi Penyakit Pada Lele ini dengan url http://buka-mata.blogspot.com/2012/04/cara-mengatasi-penyakit-pada-lele.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Cara Mengatasi Penyakit Pada Lele ini bermanfaat, namun jangan lupa untuk meletakkan link Cara Mengatasi Penyakit Pada Lele ya sebagai sumbernya, he3...

    buka mata,tips,cara,resep,membuat,budidaya,beternak,mengatasi,kesehatan,asam urat,terapi,rambut,mata,jantung,wanita,kanker,varises,jerawat,kulit,narkotika,shabu,heroin,merokok,ganja,merpati,kucing,nila,kacer,anis merah,jamur tiram,walet,kenari,sapi,perkutut,ayam bangkok,lele,bayi,nama bayi jawa,nama bayi islam arab,bakso,sup,kremes,soto,donat,kfc,siomay,burger,puding,kopi,download,soal,akuntansi,murai,auditing,puasa,tarawih,witir,kue kering,cake 10 Comment(s):

    U Comment I Follow
    Terima Kasih Atas Kunjungannya
    No SPAM, No SARA
    Ari mengatakan...

    Salam kenal ..saya Pk Ary di Kaltim,
    Lele saya sering ngumpul ketepi dan seperti mabuk,saya saya coba ganti air dan memang sembuh,tapi lele tsb hanya bertahan 2hari,setelah itu ngumpul lagi dan seperti mau kabur /loncat loncat,mohon infonya kira kira apa penyebabnya,tks.

    security services mengatakan...

    mantap

    Buka Mata mengatakan...

    Kalau menurutku, lele Pak Ary mengalami stress, Stress bisa saja karena kadar oksigen dalam air yang kurang, yang jelas tidak sesuai dengan keinginan ddari si lele habitatnya. Cara mengatasinya kalau kolamnya dekat dengan saluran air maka segara lakukan penggantian air, kalau hal itu tidak mungkin dapat dengan aerator yang bisa di beli di toko2 yang di tempatkan di pojok2 dan tengah. Bisa juga dengan pemberian tempat untuk berteduh misalnya daun atau ranting. Cek juga PH air dengan kertas lakmus.

    iksan mustofa mengatakan...

    Makasih info nya...

    gampang wicaksono mengatakan...

    Kalo lele kumisnya jd pendek/rontok dan jadi diam timbul di permukaan itu kenapa ya?

    Regards

    chank_supri mengatakan...

    Salam kenal saya supri dari Jatim. sy baru mencoba usaha pembibitan lele namun ada masalah yaitu ada ikan yang warnanya memudar dan berputar putar terus mati, kira2 itu gejala apa dan bgmna penanggulangan/pengobatannya. trim's sebelumya.

    Anonim mengatakan...

    @Ari; kasus yang sama denganku
    @Buka Mata; salah satunya karena kurangnya O2 ya. Mngg I, sehat semua, tapi setelah itu terjadi kasus yang sama dengan @Ari. Apa tidak adanya pupuk juga mempengaruhi penyakit ?

    Soalnya 1mnggu sblm tebar saya beri 2sak pupuk (kandang+jerami), efeknya air berwarna merah, selang 2 mnggu, efek merahnya hilang dan terjadilah kasus tsb diatas, harusnya sih pupuknya harus ditebar, bukan dikarungin (blm q coba)

    Dafi Ansyah mengatakan...

    Saya tebar bibit dan sejauh ini ikan ny masih dalam kondisi yang baik..

    Saya menggunakan pupuk kandang yang dikarungi masing 10 kg satu karung ny. Saya buat jadi 2 karung.

    Mungkin pak anomim terlalu banyak menggunakan pupuk ny.. yang menyebabkan air menjadi panas

    Dafi Ansyah mengatakan...

    Saya juga baru tebar bibit dan kondisi lele masih dalam keadaan baik saja..

    Pak anomim mungkin dosis pupuk yang digunakan terlalu banyak.. kalo saya menggunakan pupuk kandang hanya 20 kg dan dibuat 1karung masing masing 10 kg

    Dafi Ansyah mengatakan...

    Saya tebar bibit dan sejauh ini ikan ny masih dalam kondisi yang baik..

    Saya menggunakan pupuk kandang yang dikarungi masing 10 kg satu karung ny. Saya buat jadi 2 karung.

    Mungkin pak anomim terlalu banyak menggunakan pupuk ny.. yang menyebabkan air menjadi panas

    Poskan Komentar

       

    Pengikut


    Terimakasih Atas Kunjungannya

    Total Tayangan Laman

    Buka Mata

      ©Buka Mata | Privacy Policy | Modified and Enhanced by d-prabowo

    2012-2012 | Template by Dicas Blogger