Www.buka-mata.blogspot.co.id adalah blog tentang tips/ cara, beternak/ budidaya dan pendidikan

Jenis Burung Merpati/ Dara

Jenis Burung Merpati/ Dara – Buka Mata. Berikut ini beberapa jenis burung merpati/ Dara adl :

1. Jenis Burung Merpati/ Dara - Homer:
  • Awalnya merupakan burung liar, namun setelah dijinakkan burung tersebut dikenal sbg merpati pos aduan. 
Dari jenis Racing Homer, kemudian muncul beberapa jenis merpati, antara lain:
  • Homer pameran yg dikembangkan sejak 1990 sbg burung pameran.
  • German Beauty Homer yg dikembangkan di Jerman sejak 1907 sbg burung pameran.
  • Giant Homer yg dikembangkan di Amerika Serikat untuk mendapatkan burung yg berbadan besar & memiliki kemampuan memproduksi anak yg banyak karena ditujukan untuk dikonsumsi.
  • Racing Homer dikembangkan di Belgia & Inggris. Merpati ini digunakan sbg pengirim berita & kini dikembangkan dgn penyilangan terhadap burung yg mempunyai kecepatan tinggi karena tujuannya adl kecepatan.
2. Jenis Burung Merpati - Tumbler :
  • Merpati ini keistimewaannya terbang salto di udara. Awalnya burung ini mrp burung olah raga tetapi kemudian menjadi burung pameran.
Merpati jenis tumbler:
  • English shortfaced tumble mrp burung yg kecil, padat, dgn leher jenjang mungil tetapi dgn dada yg kokoh. Dlm keadaan berdiri biasa, ujung sayapnya akan menggantung lebih rendah dr kedudukan ekor,  ini mrp ciri yg menonjol. Selain itu bagian muka dr kepalanya menonjol agak jauh ke depan dr pada paruhnya yg pendek. Dgn dipelihara untuk keperluan pameran, maka kemampuannya untuk terbang tinggi & jungkir balik pun hilang. Burung diternakkan dgn berbagai variasi warna.
  • Birmingham Roller dikembangkan di Birmingham-Inggris sbg burung yg memiliki keistimewaan terbang. Kemampuannya untuk jungkir balik & berputar-putar di udara menjadi sasaran utama pemeliharanya. Burung ini mampu untuk jungkir balik (trumble), termasuk salto ke belakang & berputar-putar dgn kecepatan tinggi sekali. Kemampuan ini telah menjadi acara pertandingan yg menarik bagi para penggemarnya. Tetapi Birmingham Roller juga menjadi burung yg dipamerkan bahkan cara penilaiannya pun telah dibakukan.
  • Flying Tipller mrp burung yg diekambangkan dr Flying Tumbler. Burung ini dipelihara karena kemampuannya terbang yg lama. Jenis yg baik akan mampu terbang terus-menerus selama 20 jam.
  • Parlour Tumbler: juga disebut Ground Tumbler atau House Tumbler. Burung ini diternakkan karena kemampuannya lombat ke udara, melakukan salto sekali atau dua kali ke belakang, & kedua kakinya hinggap kembali ke tempat semula.
3. Jenis Burung Merpati/ Dara - Cumulet:
  • Burung ini mrp jenis tumbler dr Perancis yg mampu terbang tinggi & juga mrp salah satu nenek moyang dr jenis Racing Homer. Burung ini berbadan sedang tetapi serasi, dgn dada bidang, sayapanya panjang & kokoh, kaki agak pendek. Umumnya warna bulu putih & ada yg memiliki bintik-bintik merah di kepala atau leher.
4. Jenis Burung Merpati/ Dara - Flight:
  • Burung ini dikembangkan di Amerika & mrp ras tersendiri. Dr kelompok ini ditemukan burung yg dikenal dgn nama Domestic Flight. Burung ini mampu terbang tinggi, dgn ukuran ba& sedang, paruh tampak memannjang & kepala ramping berjambul, tetapi ada pula yg tidak. Matanya putih dgn lingkaran tengah dr mata bagus. & inilah letak rahasia kemampuannya melihat jauh saat merpati terbang tinggi.
  • Selain itu ada juga burung yg diberi nama Show Flight. Burung ini memiliki badan yg lebih gemuk & kepala lebih besar dr pada jenis Domestik Flight. Burung ini diternakkan karena kemampuannya terbang tinggi & memiliki keindahan yg dpt dijadikan sarana untuk dipamerkan. Kedua macam burung ini diternakkan dgn warna hitam, kuning, merah & abu-abu cokelat.

Special Thanks to :
1. Allah SWT
2. Pengunjung
3. Pengiklan
Anda sedang membaca artikel tentang Jenis Burung Merpati/ Dara dan anda bisa menemukan artikel Jenis Burung Merpati/ Dara ini dengan url https://buka-mata.blogspot.com/2012/04/jenis-burung-merpati-dara.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Jenis Burung Merpati/ Dara ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Jenis Burung Merpati/ Dara sebagai sumbernya.
The item being reviewed 4 5 24

ARTIKEL TERKAIT:

Jenis Burung Merpati/ Dara Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Posting Komentar