Pakan Burung Merpati/ Dara

Pakan Burung Merpati/ Dara - Buka Mata. Yang perlu diperhatikan dalam pemberian pakan burung merpati adalah mengenai keperluan burung dan kandungan gizi dari biji-bijian yang digunakan. Biji-bijian yang bagus dimaksud adalah bijian yg benar-benar matang pohon dan kering. Untuk  mengetahuinya dengan cara menggigit bijian tsb. Biji yang baik akan terasa keras dan bila digigit akan pecah dalam butiran yang keras juga. Terkadang burung merpati terkena mencret, hal ini mungkin disebabkan oleh makanan yang tidak matang. Selain itu, pakan harus bersih sebelum diberikan.
Satu lagi pakan burung merpati/ dara yaitu grit. Grit merupakan campuran mineral, yang diperlukan utk keberhasilan burung dlm terbang memenangkan pertandingan. Selain sebagai sumber mineral, grit juga akan membantu burung merpati menghancurkan bijian yang dimakannya, & ini ditempatkan di empedal yang merupakan bagian terpenting dari merpati. Makanan dihancurkan di empedal dan di sinilah grit berguna sebagai alat pembantu. Selain itu grit juga membantu perkembangan burung-burung merpati muda, dan juga mencegah telur lunak pada burung merpati yang sedang ditangkarkan.
Bahan grit :
  • 45% kulit kerang yang dihancurkan dalam ukuran sedang
  • 35%  pecahan-pecahan kecil batu gamping atau batu granit
  • 10% pecahan kecil dari arang kayu (kayu-kayu yang keras)
  • 5% tepung tulang
  • 5% tepung kapur
  • 4% garam
  • 1%  venetian red
Memberikan pakan burung sebaiknya dilakukan 2 x sehari, karena jika lebih bisa membuat burung merpati kegemukan. Untuk menjaga kesehatan burung merpati, sebaiknya mengganti air minumnya dua kali sehari agar burung selalu mendapatkan air yang tidak tercemar.

Terimakasih banyak atas kunjungannya...
Special Thanks to :
  1. Allah SWT
  2. Pengunjung
  3. Pengiklan
  4. GOOGLE.COM
  5. BLOGGER.COM

    ARTIKEL PILIHAN:

    LINK ARTIKEL:.

    Anda sedang membaca artikel tentang Pakan Burung Merpati/ Dara dan anda bisa menemukan artikel Pakan Burung Merpati/ Dara ini dengan url http://buka-mata.blogspot.com/2012/04/pakan-burung-merpati-dara.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Pakan Burung Merpati/ Dara ini bermanfaat, namun jangan lupa untuk meletakkan link Pakan Burung Merpati/ Dara ya sebagai sumbernya, he3...

    buka mata,tips,cara,resep,membuat,budidaya,beternak,mengatasi,kesehatan,asam urat,terapi,rambut,mata,jantung,wanita,kanker,varises,jerawat,kulit,narkotika,shabu,heroin,merokok,ganja,merpati,kucing,nila,kacer,anis merah,jamur tiram,walet,kenari,sapi,perkutut,ayam bangkok,lele,bayi,nama bayi jawa,nama bayi islam arab,bakso,sup,kremes,soto,donat,kfc,siomay,burger,puding,kopi,download,soal,akuntansi,murai,auditing,puasa,tarawih,witir,kue kering,cake Comment(s)

    U Comment I Follow
    Terima Kasih Atas Kunjungannya
    No SPAM, No SARA

    Poskan Komentar

       

    Pengikut


    Terimakasih Atas Kunjungannya

    Total Tayangan Laman

    Buka Mata

      ©Buka Mata | Privacy Policy | Modified and Enhanced by d-prabowo

    2012-2012 | Template by Dicas Blogger