Www.buka-mata.blogspot.co.id adalah blog tentang tips/ cara, beternak/ budidaya dan pendidikan

Jenis-Jenis Burung Kenari

Jenis-Jenis Burung Kenari - Buka Mata. Berikut Jenis-Jenis Burung Kenari yang terkenal:

1. Kenari Norwich:
  • Burung kenari Kenari Norwich mempunyai sejarah sendiri. Penenun - penenun bangsa Flam yg memelihara burung ini pernah melarikan diri ke Inggris, untuk menghindani pembantaian bangsa Spanyol. Mereka tinggal di wilayah Norwich di Norflok (Inggris). Mereka inilah yg menjaga kelestanian burung ini. Burung kenari norwich dewasa ini merupakan burung kenari yg menanik. Burung ini mempunyai kelompok bulu yg tebal & mempunyai bentuk yg serba “bulat”. Dgn dada bidang, punggung pendek lebar, sayap pendek & ekor pendek, serta paruh juga pendek. Banyak & burung ini yg mempunyai warna hijau yg menanik Sekali. Burung ini jarang yg berwarna putih. Panjangnya antara 15—16 cm.
2. Kenari Cinnamon:
  • Burung Cinnamon dewasa ini mempunyai kesamaan dgn kenari Norwich & ter golong burung yg menarik.Mereka inilah yg menjaga kelestanian burung ini. Burung ini mempunyai kelompok bulu yg tebal & mempunyai bentuk yg serba “bulat”. Dgn dada bidang, punggung pendek lebar, sayap pendek & ekor pendek, serta paruh juga pendek. Banyak & burung ini yg mempunyai warna hijau yg menanik Sekali. Burung ini jarang yg berwarna putih. Panjangnya antara 15—16 cm.
3. Kenari Border:
  • Burung kenari border merupakan burung kenari yg paling populer. Burung ini berasal & jenis cumberland fancy, & bersumber dari negara perbatasan (border) antara lnggris & Skotlandia. Burung ini berbentuk serba “bulat” dilihat & sudut mana saja. Di dlm pertandingan, bentuk bulat itu sangat menentukan. Di samping itu tingkah burung harus menunjukkan kebiasaan gerak tertentu. Burung kenari border ini mencapai panjang 14 cm.
4. Kenari Lancashire:
  • Kenari Lancashire adalah jenis kenari yg terbesar di Inggris. Jenis ini sekarang sudah jarang ditemu kan dlm bentuk aslinya. Burung ini lebih banyak disilang kan dgn jenis lain untuk mendapatkan badan yg besar. Jenis ini ada yg mempunyai mahkota atau jambul yg di sebut lancashire coppy, & ada pula yg kepalanya polos & disebut lancashire plain head.
5. Kenari Gloster:
  • Kenari Gloster tergolong jenis burung kenari yg dihasilkan & peternakan akhir-akhir ini. Kenari gloster tergolong lebih kecil, dgn panjang badan tak lebih & 11 cm. Kenari gloster sengaja diternakkan ke arah jenis yg kecil & diusahakan agar selalu kecil, sehingga binatang ini tidak boleh lebih & ± 11 cm saat memasuki pertandingan. Di dlm gambar-gambar yg dpt dijumpai di buku-buku mengenai burung kenari kita akan dpt melihat bahwa kenari ini mempunyai warna kuning dgn bagian sayap putih atau kehijau hijauan, sama seperti bagian ekornya. Pd kepala burung kenari gloster terdpt jambul, tetapi ada juga yg tidak. Burung dgn kepala polos dikenal dgn nama consort.
6. Kenari London Fancy:
  • Kenari London Fancy mi disebutkan tlah punah, & burung kenari mi susah ditelusuri asalnya. Burung mi benar-benar sangat cantik. Bulunya berwarna keemasan yg cemerlang dgn sayap & ekornya berwarna hitam, yg menaggal kan kontras yg sangat mengesankan. Ini tergolong jenis kenari Inggris yg sudah tua sekali, & aslinya mempunyai bintik-bintik hitam.
7. Kenari Yorkshire:
  • Burung Kenari Yorkshire ini merupakan hasil persilangan burung kenari lancashire & burung kenari belgia. Bentuk burung ini terkadang digambarkan seperti wortel yg terbalik. Burung ini selalu berdiri tegak, dgn kaki panjang. Dgn keadaan seperti itulah para juri menilai keindahan burung kenari ini. Panjang burung mi kira-kira 16 cm.
8. Kenari Fife fancy:
  • Kenari Fife fancy tergolong jenis baru, yg masih muda umurnya baru di pertengahan abad ini Bila melihat gambarnya, burung ini bentuknya sama seperti kenari london fancy, hanya ukurannya kecil, dgn bulu sayap & ekor berwar na putih. Burung fife fancy mi sebenarnya burung border tetapi ukuran badannya lebih kecil.
  • Disebut demikian ka rena bentuk secara keseluruhan praktis sama, kecuali per bedaan ukurannya. Ukuran burung ini harus tidak lebih & 11 cm. Burung ini sangat mudah diternakkan & dpt memberikan variasi bulu yg sangat luas.
9. Kenari Scotch Fancy:
  • Di kalangan penggemar burung di inggris, burung ini di kenal dgn sebutan Bird O Circle, karena formasi & kepala sampai ke ujung ekor pd waktu dipertandingkan berbentuk setengah lingkaran. Dlm pertandingan ada posisi, gerak, atau bunyi yg harus dipertontonkan oleh burung kenari. Keadaan yg tidak umum ini ditemukan Secara menonjol di wilayah Skotlandia & Inggris Utara, Sedang di wilayah selatan burung ini tidak populer. Burung Scotch harus mempunyai kepala kecil, lebih bulat sedikit & kepala burung kenari belgia. Lehernya ramping & pan jang, bahunya terisi penuh namun sempit & bulat, sayap nya panjang & menempel kuat ke badan, & kaki yg panjang kuat terpentang dgn baik.

10. Kenari Belgia:
  • Burung Kenari Belgia merupakan salah satu & jenis burung-bu rung kenari yg diternakkan sejak dulu. Burung ini merupakan burung yg diambil bentuk & kedudukannya saja. Kesannya seperti burung cacat, kepalanya kecil seperti kepala ular. Kenari ini sulit diternakkan & umuninya telurnya ditetaskan dgn memakai burung kenari lain. Kenari ini Juga Bisa digolongkan dgn Kenari Scotch Fancy.

11. Kenari Roller:
  • Kenari Roller ini adl yg tergolong merajai "jenis burung kenari" yg berkicau. Burung ini keturunan burung kenari jerman yg diternakkan seeara besar-besaran di wilayah Pegunungan Hartz. Di pegunungan ini kira-klra 400 keluarga berkecimpung mengembangbiakkan kenari & melatihnya. Cara lama yg dipakai untuk melatih burung ini adalah dgn memasukkan burung ke dlm sangkar kecil & membiar kan burung ini mendengarkan suara burung yg dikenal indah suaranya (yg tlah menang pertandingan, Misalnya). Tetapi dewasa ini orang menggunakan suara piringan hitam atau pita kaset.
12. Kenari Crest:
  • Kenari Crest Kenari ini tergolong jenis yg tua & burung kenari, sebab sudah ada di sekitar tahun 1950-an. Mula-mula di kenal dgn nama Turn crown, & pd permulaan abad ini dikenal sbg King of the fancy (Raja Fantasi). Mahkota burung.ini haruslah besar & mengembang & tengah tengah kepala & mengembang ke depan sampai ke paruh nya hampir sejajar dgn matanya sehingga mata hampir tertutup. Mahkota ini juga mengembang ke arah belakang kepala. Mahkota ini harus mempunyai bentuk yg baik, luas & tebal dgn bulu-bulu yg lebat & lembut. Kenari mahkota adalah burung yg besar & harus mempunyai kepala yg besar, leher yg besar pendek & badan bidang, sama seperti kenari norwich. Ternyata jenis crest ini ada yg mempunyai mahkota, tetapi ada pula yg mempunyai kepala yg polos tanpa mahkota.
13. Kenari Frill:
  • Kenari Frill dikenal sbg kenari belanda di abad ke 18, tetapi kemudian muncul berbagai jenis yg menyebar ke berbagai negara. Dewasa ini dikenal Frill & Belanda, Italia, Paris, sedang pihak Jepang tlah menghasilkan jenis yg kecil. Umumnya jenis frill ini tergolong sbg burung yg besar, sebab panjangnya dpt lebih & 20 cm. Ada tiga bagian yg disebut mantle, jabot, & fin. Mantle (las) adalah bulu-bulu bagian punggung yg membelah di punggung & jatuh secara sinietnis. Jabot adalah bulu di dada yg berombak & menggulung ke dalam. Jabot ini harus datang & tiap sisi dada untuk membentuk suatu ke rutan yg bertemu di bagian tengah bagaikan suatu bentuk kerang yg menutup. Sedang fin adalah bulu-bulu yg panjang, benar-benar berjumbai yg datang & paha & bergerak ke atas sekeliling sayap. Kenari frill yg indah dpt menjadi burung yg sangat indah, tetapi kenari yg buruk akan menjadi burung yg memberi kesan ganjil & aneh karena bentuknya itu. Burung-burung mi tergolong sbg burung ternak yg baik.
Special Thanks to :
1. Allah SWT
2. Pengunjung
3. Pengiklan
Anda sedang membaca artikel tentang Jenis-Jenis Burung Kenari dan anda bisa menemukan artikel Jenis-Jenis Burung Kenari ini dengan url https://buka-mata.blogspot.com/2012/06/jenis-jenis-burung-kenari.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Jenis-Jenis Burung Kenari ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Jenis-Jenis Burung Kenari sebagai sumbernya.
The item being reviewed 4 5 24

ARTIKEL TERKAIT:

Jenis-Jenis Burung Kenari Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Posting Komentar