Www.buka-mata.blogspot.co.id adalah blog tentang tips/ cara, beternak/ budidaya dan pendidikan

Cara Optimalkan/ Meningkatkan Hasil Panen Jamur Tiram

Cara Optimalkan/ Meningkatkan Hasil Panen Jamur Tiram - Buka Mata. Petani jamur sering mengalami kendala dlm perawatan jamur, salah satu kendala yg sering dialami oleh mereka adalah cara meningkatkan hasil panen jamur tiram yang tidak optimal. Padahal baglog jamur masih produktif, tapi hasilnya tdk sesuai dgn yg diinginkan.

Ada beberapa sebab yg membuat kenapa hal itu terjadi, antara lain:

A. Perawatan kumbung yg kurang optimal.
  • Perawatan disini meliputi pengkondisian kumbung yg ideal utk pertumbuhan jamur, & menjaga kebersihan kumbung. Jika kondisi kumbung sering berubah ubah secara mencolok, maka jamur akan stres & mempengaruhi produktifitasnya. Kondisi yg ideal utk kumbung jamur adalah suhu 22-28 C & kelembaban 85-90%. Caranya dgn penyiraman lantai & pengkabutan ruangan. Kebersihan kumbung akan menunjang sirkulasi udara dlm kumbung agar tetap segar & akan menjaga kumbung dari hama jika kumbung kotor, seperti kecoa & semut yg akan memakan jamur yg sudah besar, laba2, rayap, & ulat kecil yg hinggap di baglog yg kotor & busuk.
B. Pembukaan baglog jamur.
  • Tdk sedikit petani yg hanya membiarkan begitu saja baglognya di kumbung tumbuh dgn sendirinya, padahal tiu tdk benar. Buatlah bukaan di bagian belakang baglog setelah panen pertama dari depan, & buka cincin baglog lalu lipat/ potong  plastik, dgn begitu baglog akan terbuka lebar bagian depannya. Hal ini akan membuat jamur bebas tumbuh keluar & banyak. Namun perlu diingat bahwa hal ini akan menimbulkan penguapan yg tinggi pada baglog, & baglog akan cepat kering jika kondisi kumbung tdk dijaga dgn baik.
C. Peremajaan baglog jamur.
  • Jika baglog sudah beberapa kali panen atau baglog sudah agak lama, maka lakukan peremajaan, yaitu dgn membersihkan bagian baglog yg kotor/ rusak dgn cara dikerik bagian permukaan yg kotor/ rusak tersebut agar terlihat lagi bagian yg putih dari baglog. Memang lama kelamaan baglog akan pendek, tapi cara ini makin membuat baglog lebih produktif. Cara ini akan memicu pertumbuhan jamur kembali setelah lama tdk panen.
D. Buatlah kejutan pada kumbung.
  • Maksud kejutan adalah  melakukan penyinaran pada kumbung, tapi bukan sinar matahari langsung, & jangan terlalu lama, cukup 10-15 menit. Caranya yaitu dgn membuka pintu atau jendela kumbung yg mungkin sudah disediakan, & secara otomatis sirkulasi udara juga akan bertambah. Jangan terlalu lebar, yg penting ada cahaya masuk yg bisa menerangi ruangan. Hal ini akan merangsang pertumbuhan jamur karena perubahan kondisi yg mendadak. Jika terlalu lebar dibuka, hawa panas bisa masuk & merusak jamur yg sedang tumbuh & suhu & kelembaban berubah.
E. Buatlah kejutan lagi.
  • Apabila kumbung sudah begitu sangat lembab, disebabkan karena kondisi kumbung terlalu jenuh dgn uap air di udara. Ini juga bisa membuat jamur menjadi terlalu basah & lembek kekuning kuningan. Maka hentikan penyiraman & pengabutan selama 3-5 hari, ini akan membuat kumbung jadi normal kembali & bisa merangsang pertumbuhan jamur karena perubahan kondisi tsb.


http://buka-mata.blogspot.com/2012/06/meningkatkan-hasil-panen-jamur-tiram.html
Special Thanks to :
1. Allah SWT
2. Pengunjung
3. Pengiklan
Anda sedang membaca artikel tentang Cara Optimalkan/ Meningkatkan Hasil Panen Jamur Tiram dan anda bisa menemukan artikel Cara Optimalkan/ Meningkatkan Hasil Panen Jamur Tiram ini dengan url https://buka-mata.blogspot.com/2012/06/meningkatkan-hasil-panen-jamur-tiram.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Cara Optimalkan/ Meningkatkan Hasil Panen Jamur Tiram ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Cara Optimalkan/ Meningkatkan Hasil Panen Jamur Tiram sebagai sumbernya.
The item being reviewed 4 5 24

ARTIKEL TERKAIT:

Cara Optimalkan/ Meningkatkan Hasil Panen Jamur Tiram Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Posting Komentar