Www.buka-mata.blogspot.co.id adalah blog tentang tips/ cara, beternak/ budidaya dan pendidikan

Merawat Anak Burung Perkutut

Merawat Anak Burung Perkutut - Buka Mata. Setelah 1 minggu menetas, anak perkutut sudah tumbuh besar. Pada umur ini, anak perkutut belum aktif bergerak. Organ tubuh masih terlihat sangat lemah. Kakinya belum mampu mengangkat tubuh dan sayapnya belum bisa dikepak-kepakkan. 

Umur sekitar sepuluh hari dilakukan pemasangan cincin pada kaki anak perkutut. Caranya adl  dgn memasukkan cincin pada tiga jari yang menghadap ke depan, lalu didorong ke belakang hingga melewati jari yang menghadap ke belakang. Setelah melewati jari yang menghadap ke belakang berarti cincin telah terpasang pada kaki perkutut. Apabila pemasangan cincin terlambat, maka cincin akan susah terpasang karena kaki anak perkutut sudah tumbuh besar dan kaku. Pada umur ini anak  perkutut tetap dipercayakan ke induknya sendiri sepanjang induknya tidak menelantarkan atau dititipkan ke burung puter untuk dibesarkan. Tujuan penitipan anak perkutut ke puter adalah supaya induk perkutut dapat segera bertelur lagi. Jangan lupa untuk membuang bahan sarangnya dan mengganti bahan sarang yang baru seminggu kemudian. Anak perkutut akan diasuh oleh puter hingga mampu hidup sendiri.

Umur dua minggu anak perkutut mulai berusaha keluar dari sarang sering terlihat bertengger di tenggeran. Gerakannya menjadi semakin aktif. Kakinya mulai dpt digunakan untuk melompat, & sayapnya mulai bisa dikepakkan.

Stlh umur tiga minggu, anak perkutut mulai sering mengepakkan sayapnya & bulunya semakin sempurna menutupi tubuh. Ketika lapar anak perkutut seumur ini akan mengejar induknya untuk minta suap. Sarang semakin sering ditinggalkan.

Umur empat minggu anak perkutut mulai bisa terbang meskipun belum sempurna, dan anak perkutut juga mulai bisa makan sendiri. Kemudian anak perkutut sdh bisa dipisah dari induknya
Special Thanks to :
1. Allah SWT
2. Pengunjung
3. Pengiklan
Anda sedang membaca artikel tentang Merawat Anak Burung Perkutut dan anda bisa menemukan artikel Merawat Anak Burung Perkutut ini dengan url http://buka-mata.blogspot.com/2012/07/merawat-anak-burung-perkutut.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Merawat Anak Burung Perkutut ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Merawat Anak Burung Perkutut sebagai sumbernya.
The item being reviewed 4 5 24

ARTIKEL TERKAIT:

Merawat Anak Burung Perkutut Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Buka Mata

0 comments:

Posting Komentar