Www.buka-mata.blogspot.co.id adalah blog tentang tips/ cara, beternak/ budidaya dan pendidikan

Kolam Gurame (Gurami) Yang Ideal/ Standar

Kolam Gurame (Gurami) Yang Ideal/ Standar - Buka Mata. Seperti halnya kolam ikan lele, Ada beberapa kriteria yang perlu diperhatikan dalam membuat kolam ikan gurami yang ideal supaya hasilnya bagus. "Standar kolam ikan gurame" tersebut adalah :
  • Tanah yg baik utk kolam pemeliharaan adalah jenis tanah liat/lempung, tdk berporos dan cukup mengandung humus. Jenis tanah tersebut dapat menahan massa air yg besar dan tdk bocor sehingga dapat dibuat pematang/dinding kolam.
  • Ikan gurame dapat tumbuh normal, jika lokasi pemeliharaan berada pada ketinggian 50-400 m dpl.
  • Kemiringan tanah yg baik utk pembuatan kolam berkisar antara 3-5% utk memudahkan pengairan kolam secara gravitasi.
  • Kualitas air utk pemeliharaan ikan gurame harus bersih dan dasar kolam tdk berlumpur, tdk terlalu keruh dan tdk tercemar bahan-bahan kimia beracun, dan minyak/limbah pabrik.
  • Kolam dengan kedalaman 70-100 cm dan sistem pengairannya yg mengalir sangat baik bagi pertumbuhan dan perkembangan fisik ikan gurame. utk pemeliharaan secara tradisional pada kolam khusus, debit air yg diperkenankan adalah 3 liter/detik, sedangkan utk pemeliharaan secara polikultur, debit air yg ideal adalah antara 6-12 liter/detik.
  • Suhu air yg baik berkisar antara 24-28 derajat C.
  • Keasaman air (pH) yg baik adalah antara 6,5-8.
Special Thanks to :
1. Allah SWT
2. Pengunjung
3. Pengiklan
Anda sedang membaca artikel tentang Kolam Gurame (Gurami) Yang Ideal/ Standar dan anda bisa menemukan artikel Kolam Gurame (Gurami) Yang Ideal/ Standar ini dengan url https://buka-mata.blogspot.com/2012/10/Kolam-Gurame-Gurami-Yang-Ideal-Standar.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Kolam Gurame (Gurami) Yang Ideal/ Standar ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Kolam Gurame (Gurami) Yang Ideal/ Standar sebagai sumbernya.
The item being reviewed 4 5 24

ARTIKEL TERKAIT:

Kolam Gurame (Gurami) Yang Ideal/ Standar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Posting Komentar