Www.buka-mata.blogspot.co.id adalah blog tentang tips/ cara, beternak/ budidaya dan pendidikan

Sakit Mata dan Terapi Penyembuhannya

Sakit Mata dan Terapi Penyembuhannya - Buka Mata. "Sakit mata" disebabkan oleh beberapa sebab, salah satunya karena  bawaan. Sakit mata bawaan terjadi pada yg memiliki riwayat gangguan mata pd orang tuanya  sehingga gangguan mata tersebut menurun pada anaknya. Penyebab sakit mata bawaan biasa disebut dgn glaukoma. Glaukoma ini bisa terindikasi dgn adanya beberapa gejala yg tampak, seperti mata terlalu sensitif dgn cahaya, mata sering berair, mata nampak terlihat merah. Glaukoma banyak diderita oleh anak-anak, seperti terjadinya pembesaran kornea mata yg mengakibatkan pandangan kabur.
Pandangan menjadi kabur karena cahaya tdk bisa masuk sehingga retina tdk bisa menangkap gambar. Gangguan pada sistem syaraf yg mengantarkan gelombang cahaya menuju retina ini menyebabkan otak tdk mampu menangkap gelombang yg ditangkap. Glaukoma jika tdk segera diobati bisa mengakibatkan kebutaan. Terjadinya glaukoma disebabkan oleh jaringan saraf optik yg mengalami kerusakan. Hal ini terjadi karena ada tekanan di dlm bola mata (peningkatan tekanan intraokular). Peningkatan tekanan intraokular ini disebabkan oleh adanya penumpukan cairan sehingga terjadi gangguan pada sirkulasi aqueous humor. Eqoueous humor adalah sistem sirkulasi cairan, berfungsi sebagai pemberi nutrisi pada kornea & lensa.
Sakit mata bisa disebabkan oleh faktor lain, yaitu faktor usia & faktor gangguan pada struktur syaraf mata. Akibatnya, mengganggu cahaya yg masuk, mengganggu pemusatan objek yg dilihat, & dampaknya memperburuk objek yg harus diantarkan secara kontinu ke otak.

Jenis-Jenis sakit mata ( Kelainan Mata)

1.Rabun Dekat

Rabun dekat biasa disebut sebagai Presbyopia. Presbyopia biasa terjadi pada usia lanjut. Rabun dekat merupakan gangguan pandangan pada jarak dekat yg disebabkan oleh hilangnya akomodasi pada rentang usia 40-50 tahun. Pada usia ini, sering timbul kesulitan membaca atau melihat benda dgn jarak 25 cm. Benda maupun tulisan terlihat tdk jelas. Presbyopia biasanya bisa dibantu dgn kacamata positif.

2. Rabun Jauh

Rabun jauh menyerang siapa saja baik muda maupun tua. Penyakit ini disebabkan adanya kelainan refraksi (proses pembiasan) sehingga fokus bayangan yg ditangkap jatuh di depan retina.

3. Rabun Senja

Rabun senja atau nyctalopia adalah terjadinya kerusakan pada retina. Penyebab lainnya bisa karena retinitis pigmentosa, mata minus, & pengaruh obat-obatan. Penyakit ini bisa juga disebabkan oleh bawaan dari lahir. Penderita rabun senja tdk bisa melihat saat sinar yg ada di sekitarnya remang-remang atau pada malam hari.

4. Katarak

Penyakit mata ini biasa terjadi pada orang lanjut usia & anak yg baru dilahirkan. Biasanya, pada bayi yg baru dilahirkan disebut katarak kongenital. Katarak pada usia lanjut disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya cedera mata, penyakit metabolik, & faktor lingkungan.

5. Hordeolum

Hordeolum adalah infeksi mata yg menyerang kelenjar mata. Penyakit mata ini biasanya disebabkan oleh bakteri stafilokokus. Bakteri stafilokokus adalah semacam tonjolan kecil yg tumbuh di kulit. Tonjolan kulit tersebut mengandung nanah. Biasanya, dlm bahasa jawa penyakit ini disebut sebagai Trimbilen (Semacam benjolan kecil yg tumbuh di dekat mata).
Karena banyaknya jenis sakit mata, orang-orang berbondong-bondong mencari jalan keluar. Salah satu bentuk pengobatan mata adalah berupa operasi mata, pemakaian lensa, dan menggunakan kacamata. Operasi dilakukan bagi mereka yg menderita sakit mata katarak. Tingkat yg lebih gawat lagi, operasi mata ini hanya dilakukan bagi penderita glaukoma yg bisa mengakibatkan kebutaan. utk kelainan mata seperti rabun dekat, jauh, atau silinder biasanya hanya disarankan utk menggunakan lensa & kacamata. Gangguan mata rabun jauh masih bisa dibantu dgn mengonsumsi makanan yg bervitamin A, seperti wortel. Hal ini membantu memperlambat tingkat kerabunan. Tetapi, bagi beberapa orang yg sudah menderita sakit mata level tinggi, bisa dilakukan terapi mata.

Penyembuhan Bagi Penderita sakit mata
Untuk yg mengalami sakit mata rabun dekat, rabun jauh, & silinder, terapi ini banyak membantu. Terapinya cukup sederhana, bisa dilakukan sendiri di rumah secara rutin setiap hari selama empat hari, dua hari kemudian, istirahatkan mata Anda. Jika Anda rajin melakukannya, Anda bisa melihat seperti sediakala tanpa menggunakan kacamata maupun lensa. utk langkah pertama, perhatikan langkah-langkah berikut. Merilekskan pikiran. Jika anda menggunakan kacamata atau lensa, tanggalkan. Tugas awal Anda adalah melihat lurus ke atas melewati alis Anda. Tahan posisi selama 3 detik. Kemudian, lihat ke bawah melampaui tubuh Anda selama 3 detik juga. Lakukan dari atas ke bawah selama 7 kali. Langkah kedua, pandanglah sejauh mungkin bola mata Anda ke kanan selama 3 detik. Lempar pandangan sejauh mungkin bola mata Anda ke kiri selama 3 detik. Lakukan selama 7 kali. Jika mata anda merasa lelah, kedipkan mata pelan-pelan. Kedipkan mata utk mengistirahatkannya. Kemudian, putar bola mata Anda ke kanan & kekiri selama 7 kali. Satu putaran sekira 4 detik. Ingat, jangan terlalu cepat Anda lakukan, sedang saja. Saat memutar bola mata seperti ini, jangan sekali-kali anda memutar kepala Anda.Kedipkan mata utk mengistirahatkan. Putar bola mata Anda sambil melihat lurus ke atap.Kedipkan mata lagi kemudian putar bola mata Anda ke kanan & ke kiri, tapi dgn mata tertutup.Jangan lupa kedipkan mata. Lihat ke arah sudut kanan atas mata Anda. Gerakkan perlahan & usahakan mata Anda selalu fokus, selama mungkin. Lakukan pada setiap arah selama 7 kali. Ingat, melakukan hal ini harus saat ada sinar yg baik.Kemudian, lakukan dgn cara garis vertikal selama 7 kali.Langkah selanjutnya adalah melihat hidung Anda selama 3 detik kemudian melihat lurus ke depan selama 3 detik. Lalu, pusatkan perhatian pada sisi-sisi Anda sementara melihat ke depan. Pada tahap ini usahakan utk melihat objek yg ada di sebelah kanan-kiri anda. Sementara, mata anda fokus melihat ke depan. Kemudian, lihatlah tulang hidung Anda selama 3 detik. Kemudian, pandang lurus ke depan. Selanjutnya, lihat di antara kedua alis Anda selama 3 detik. Kemudian, lihat lurus ke depan seperti sebelumnya. Ingat, kedipkan mata utk mengistirahatkan mata.Rileksasikan mata. Duduk tegap sambil menutup mata. Tarik napas panjang & keluarkan menggunakan mulut. Keluarkan napas perlahan-lahan dari paru-paru Anda sambil membuka mata perlahan. Kemudian, mulailah menutup mata & menghirup udara panjang. Saat mata Anda terpejam, bayangkan hal-hal yg paling Anda sukai, bisa bayangan di taman atau di sawah.

Efek Terapi utk sakit mata
Efek dari terapi utk sakit mata akan menunjukkan perubahan yg baik jika berhasil. Utk beberapa hari, penglihatan akan berubah. Jika dulu setiap melihat objek tdk fokus, akan menjadi lebih fokus. Jika dulu saat melihat terasa kabur, akan menjadi lebih jelas.


Baca juga:
Special Thanks to :
1. Allah SWT
2. Pengunjung
3. Pengiklan
Anda sedang membaca artikel tentang Sakit Mata dan Terapi Penyembuhannya dan anda bisa menemukan artikel Sakit Mata dan Terapi Penyembuhannya ini dengan url http://buka-mata.blogspot.com/2013/02/sakit-mata-dan-terapi-penyembuhannya.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Sakit Mata dan Terapi Penyembuhannya ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Sakit Mata dan Terapi Penyembuhannya sebagai sumbernya.
The item being reviewed 4 5 24

ARTIKEL TERKAIT:

Sakit Mata dan Terapi Penyembuhannya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Buka Mata

0 comments:

Posting Komentar