Cara Budidaya Ikan Lele

Cara Budidaya Ikan Lele – Buka Mata. Bagi pemula yg ingin mengetahui “Cara Budidaya Ikan Lele” perlu mempertimbangkan langkah-langkah berikut:

http://buka-mata.blogspot.com/2012/04/cara-budidaya-ikan-lele.htmlA. Mengenali Ikan Lele
  • Untuk Budidaya Ikan Lele, sebaiknya kenalilah jenis-jenisnya, habitatnya, makanan & tata cara perawatannya.
B. Perisapan Kolam Ikan lele
  • Di dlm budidaya ikan lele memerlukan kolam yg ideal. Kolam ikan lele yg tdk memenuhi persyaratan akan berakibat buruk utk kelanjutan budidaya ikan lele, kolam haruslah disesuaikan dgn kebutuhan, apakah utk segmen pembenihan atau segmen pembesaran, demikian juga dgn jenis kolamnya, kolam tanah, kolam semen atau kolam terpal, ukuran kolam juga harus diperhatikan agar dpt disesuaikan dgn kisaran tebar ideal yg biasanya berkisar 100 s/d 120 ekor/m2.
C. Persiapan Air Kolam
  • Hal yg perlu diperhatikan dlm budidaya ikan lele adalah persiapan air kolam. Persiapan ini juga wajib & berperan sangat penting, karena banyak penyakit & tingginya angka kematian ikan lele yg penyebabnya karena kondisi air yg tdk memenuhi syarat, misalnya PH airnya, banyak pengusaha ternak ikan lele hanya sebatas mengetahui saja bahwa PH yg baik utk ikan lele adalah antara 7 s/d 8, tapi tdk menerapkannya. Hal ini sangat merugikan, khususnya dlm usaha budidaya ikan lele, jangan menebar benih ikan lele dgn kondisi PH yg belum memenuhi syarat, sebaiknya gunakan alat pengukur PH agar tepat. Karena PH-nya cocok maka Sekali ikan lele akan merasa nyaman & sesuai dgn kebutuhan hidupnya dgn melaksanakan persiapan air kolam secara benar shg ikan lele dapat tumbuh & berkembang sesuai dgn target produksi.
D. Tata Cara Pemberian Pakan Ikan Lele
  • Tata cara pemberian pakan ikan lele di budidaya ikan lele jangan dianggap remeh, karena pemberian pakan ikan lele yg salah bisa mengakibatkan pemborosan & bisa juga membuat ikan lele menjadi mati. Kalau ada waktu, silakan mampir utk mengetahui tata cara pemberian pakan di artikel 'cara pemberian pakan ikan lele'.
E. Proses Pengambilan & Penebaran Indukan atau Bibit Ikan Lele
  • Proses pengambilan & penebaran indukan atau bibit ikan lele di budidaya ikan lele harus dilakukan dgn benar, misalnya proses pembelian induk utk segmen pembenihan, selain kualitas indukan ikan lele yg harus baik, tempat pembelian juga harus terjamin & dapat dipercaya, setelah itu proses pengiriman indukan juga harus dgn cara-cara yg benar, agar indukan ikan lele tdk stres & selamat sampai ke kolam, pada saat indukan ikan lele dilepaskan dikolam indukan juga harus dgn tata cara yg benar. Pada tahap pembenihan juga ada proses penyortiran, bibit lele yg sudah disortir sesuai dgn ukurannya akan dijual atau dimasukkan kedlm kolam pembesaran benih selanjutnya. Para pembudidaya ikan lele biasanya melakukan proses puasa pada benih lele sebelum melakukan penyortiran, hal ini juga dilakukan oleh pembudidaya ikan lele pada segmen pembesaran, para pembudidaya ikan lele di segmen pembesaran biasanya tdk langsung memberi makan pada bibit lele yg baru ditebar selama setengah hari, bibit lele yg ditebar & langsung diberi pakan lebih rentan terserang penyakit & mengalami kematian.
Baca juga
Cara Pemberian Pakan Ikan Lele
Pakan Ikan Lele

Terimakasih banyak atas kunjungannya...
Special Thanks to :
  1. Allah SWT
  2. Pengunjung
  3. Pengiklan
  4. GOOGLE.COM
  5. BLOGGER.COM

    ARTIKEL PILIHAN:

    LINK ARTIKEL:.

    Anda sedang membaca artikel tentang Cara Budidaya Ikan Lele dan anda bisa menemukan artikel Cara Budidaya Ikan Lele ini dengan url http://buka-mata.blogspot.com/2012/04/cara-budidaya-ikan-lele.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Cara Budidaya Ikan Lele ini bermanfaat, namun jangan lupa untuk meletakkan link Cara Budidaya Ikan Lele ya sebagai sumbernya, he3...

    buka mata,tips,cara,resep,membuat,budidaya,beternak,mengatasi,kesehatan,asam urat,terapi,rambut,mata,jantung,wanita,kanker,varises,jerawat,kulit,narkotika,shabu,heroin,merokok,ganja,merpati,kucing,nila,kacer,anis merah,jamur tiram,walet,kenari,sapi,perkutut,ayam bangkok,lele,bayi,nama bayi jawa,nama bayi islam arab,bakso,sup,kremes,soto,donat,kfc,siomay,burger,puding,kopi,download,soal,akuntansi,murai,auditing,puasa,tarawih,witir,kue kering,cake 18 Comment(s):

    U Comment I Follow
    Terima Kasih Atas Kunjungannya
    No SPAM, No SARA
    andiki mengatakan...

    mantap..

    yudi painter mengatakan...

    trimakasih blog ini sangat membanttu saya..........

    pemeliharaan mesin mengatakan...

    mantap

    DutaMSP mengatakan...

    gan izin copas

    obat sakit mengatakan...

    terima kasih infonya gan ! lumayan nih buat nambah referensi saya !

    Budidaya Ikan Lele Sangkuriang mengatakan...

    Artikel yang sangat bagus dan meng inspirasi sekali. Salam kenal dan salam sukses.

    pusber mengatakan...

    kalau budidaya memakai terpal kolamnya

    bagaimana mas caranya ?

    ferry mengatakan...

    terima kasih, info yg sangat bermanfaat buat saya..
    saya pemula dlm beternak lele ini mas..usahanya pun tergolong kecil-kecilan dengan wadah berupa terpal, air yang saya gunakan buat bibit adalah air hujan yang telah saya kondisikan (dibiarkan selama 1 minggu dengan ditaburi bermacam-macam dedaunan, ditambah lagi dengan gedebog pisang), setelah 1 minggu sudah banyak ditemukan jentik-jentik dan airnya pun berubah agak kehijauan, merasa sudah pas waktunya maka daun-daunan tsb saya bersihkan dari kolam dan bibit pun saya tebar, hasilnya hingga 15 hari bibit kelihatan sehat dan lincah, bibit yang mati Alhamdulillah cuma 15 ekor dari 600 ekor, hari ke 16 panjang bibit lebih kurang sudah satu jari telunjuk saya sortir dgn cara dipindahkan kekolam sebelahnya, rencana saya hingga hari ke 30 nanti akan saya sortir lagi dan dipindahkan ke kolam sebelahnya lagi, begitu seterusnya..
    persoalan saya adalah lokasi saya tinggal sekarang adalah daerah gambut dgn ph airnya 5,41, yg saya tanyakan bisakah ikan lele ternak bertahan dengan ph serendah itu? minimal untuk bibit yang berumur lebih dari satu bulan, mohon petunjuk bagaimana cara menaikkan ph air tsb kalau seandainya tidak cocok, jujur saya katakan didaerah saya ini banyak dijumpai lele hutan/lele liar yg kelihatannya sehat-sehat saja, mohon petunjuk dan masukannya mas apakah cara saya tsb salah atau benar, terima kasih.

    noer mengatakan...

    tmpt a tanahnya liat n airnya tdk berlimpah... so adakah tips untuk sy sblum mncob untuk budidaya lele?

    Buka Mata mengatakan...

    Saya kurang tahu jika tingkat keasamannya 5,41 apakah lele bisa bertahan atau tidak. misalnya pun bisa bertahan tentunya habitatnya tidak cocok kan?. Menurut saya untuk menaikkan ph dengan menggunakan karang koral, tapi airnya akan menjadi keruh.

    Buka Mata mengatakan...

    @noer, perlu mencoba kolam terpal.

    pulau Tidung mengatakan...

    oke banget nich untuk infomasinya mengenai pertenakan budidaya ikan lele sangat bermanfaat untuk saya yang sedang mempelajari membudidayakan lele di kampung

    galih n gumilar mengatakan...

    mantap bgt dah.. like

    Ariel peterseng mengatakan...

    terima kasih gan atas infonya

    Anonim mengatakan...

    wah infonya bagus gan sekalian ikut nyimpen lapak ane disini coleh mampir gan bisa d liat-liat iklan lele dan keong mas gan semoga bermanfaat ^_____^ klik aja lapak ane dibawah ini :

    http://agromaret.com/jual/61204/ikan_lele_dan_keong_mas

    obat mujarab untuk asam urat mengatakan...

    makasih info nya itu sangat berguna sekali

    pulau tidung mengatakan...

    http://goo.gl/EzvDO4
    http://goo.gl/BL44FZ
    http://goo.gl/OYB45F
    http://goo.gl/mZpzgo
    http://goo.gl/ah0PG

    imam ciprut mengatakan...

    Keren sob

    www.kiostiket.com

    Poskan Komentar

       

    Pengikut


    Terimakasih Atas Kunjungannya

    Total Tayangan Laman

    Buka Mata

      ©Buka Mata | Privacy Policy | Modified and Enhanced by d-prabowo

    2012-2012 | Template by Dicas Blogger