Www.buka-mata.blogspot.co.id adalah blog tentang tips/ cara, beternak/ budidaya dan pendidikan

Pembenihan Ikan Nila

Pembenihan Ikan Nila - Buka Mata. Setelah proses pendederan maka langkah selanjutnya adalah  memindahkan anakan ikan nila ke kolam pembenihan. Kolam di tahap pendedaran yg berukuran 1m x 1m x 50cm sudah tdk layak lagi utk menampung anak ikan yg semakin besar shg perlu kolam yg lebih besar lagi supaya anak ikan nila lebih leluasa utk bertumbuh. Ini adl perbedaan pendederan & pembenihan. Kolam yg digunakan dlm "pembenihan"bisa menggunakan kolam tanah atau kolam beton dgn ukuran 10m x 20m. Luas 200 meter persegi dpt menampung sekitar 50-100 ribu ekor benih.

Pembenihan dimaksudkan utk membuat benih ikan nila sedikit lebih besar lagi. Waktu yg dibutuhkan dalam pemeliharaan pd kolam pembenihan sekitar 4-6 minggu & benih sdh mencapai panjang antara 3.5-5 cm. Dan saat inilah benih bisa ditebar & dibesarkan pd kolam pembesaran/ dijual ke petani lain yg ingin membesarkan ikan nila.

Pakan yg digunakan ditahap pembenihan adalah pakan yg berukuran 1.5mm, pakan dengan ukuran ini banyak tersedia di toko-toko penjual pakan ternak. Protein 30-35% akan membantu pertumbuhan ikan nila lebih cepat. Jenis pellet yang baik adalah jenis pellet apung/ timbul karena akan mengurangi pakan  jatuh ke dasar kolam yg mungkin tdk dimakan oleh ikan. Pemberian pakan dilakukan adl sebanyak 3 kali sehari.

Cara untuk memanen benih dpt dilakukan dgn menggunakan jaring atau dgn menurunkan volume air. Buatlah jaring apung utk menampung tangkapan benih. Benih nila sudah dipanen, besarkan apa yg akan dibesarkan & jualah apa yg akan dijual.

Kolam air deras, kolam jaring apung adalah dua bentuk pembesaran yg paling cepat membesarkan nila, namun harus didukung oleh makanan yg bagus.  

Special Thanks to :
1. Allah SWT
2. Pengunjung
3. Pengiklan
Anda sedang membaca artikel tentang Pembenihan Ikan Nila dan anda bisa menemukan artikel Pembenihan Ikan Nila ini dengan url http://buka-mata.blogspot.com/2012/04/pembenihan-ikan-nila.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Pembenihan Ikan Nila ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Pembenihan Ikan Nila sebagai sumbernya.
The item being reviewed 4 5 24

ARTIKEL TERKAIT:

Pembenihan Ikan Nila Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Buka Mata

2 comments:

  1. terima kasih kang atas info pembenihannya

    BalasHapus
  2. makasih mas yah...semoga berkah dengan infonya...wassalam
    ahmadi sangatta kaltim

    BalasHapus