Www.buka-mata.blogspot.co.id adalah blog tentang tips/ cara, beternak/ budidaya dan pendidikan

Kualitas Sarang Burung Walet dan Harganya

Kualitas Sarang Burung Walet dan Harganya
Kualitas Sarang Burung Walet & Harganya - Buka Mata. Secara umum standar mutu atau kualitas sarang burung walet ditentukan oleh beberapa hal sebagai berikut: bentuk sarang, kebersihan sarang & bulu, kadar air, warna, ketebalan & ukuran sarang.

Selama ini karena banyaknya faktor yg digunakan utk menilai kualitas sarangburung walet mengakibatkan terjadinya keanekaragaman kualitas/mutu pada komoditi ini, yg ber akibat perbedaan tingkat penilaian harga yg cukup besar bagi setiap kilogram produk sarang burung walet yg dijual. Kenyataan di pasaran menunjukkan, bahwa perbandingan harga sarang walet dapat berkisar antara satu utk sarang berkualitas rendah & tujuh kali lipat harganya bagi sarang berkualitas tinggi. Atau bisa dikatakan  semakin rendah kualitas sarang walet yg dijual, maka semakin rendah kemampuan tawar peternak walet dlm melakukan transaksi dengan pedagang.

Sebenamya produk sarang burung walet di indonesia banyak yg memiliki potensi besar utk menjadi sarang berkualitas bagus degan harga jual yg tinggi bila dibersihkan & diproses terlebih dahulu sebelum dijual, karena pada umumnya air liur burung walet yg dipakai utk menyusun sarang tersebut terbentuk & serangga pakan walet yg jumlah & macamnya sangat besar di berbagai daerah sentra budidaya walet.

Pola panen sarang burung walet yg dipakai oleh kebanyakan peternak adalah " Pola Panen Tetasan", tjuannya adalah agar populasi walet meningkat, namun konsekuensinya kualitas sarang walet turun yg mengakibatkan harganya pun turun. Sarang menjadi tercemar baik oleh bulu maupun kotoran yg terdiri dari debu, bekas hama pengganggu & lain sebagainya. Hal ini karena sarang walet tersebut sebelum dipanen, telah digunakan oleh burung walet itu utk mengerami & menetaskan telurnya serta mengasuh anak-anaknya. Sehingga akibatnya sarang walet itu mengalami perubahan warna (tidak putih bersih) karena dipenuhi oleh bulu & kotoran dari walet.

Peternak walet biasanya langsung menjual kepada pedagang pengumpul, atau para eksportir tanpa melakukan pembersihan serta pemrosesan bentuk terlebih dahulu, sehingga otomatis harga per kilogramnya menjadi rendah, yg menyebabkan peternak kurang bisa meraih pendapatan secara maksimal dari hasil produksinya. Keadaan ini terjadi, karena pengetahuan tentang cara & alat pembersihan bulu maupun kotoran serta pemrosesan sarang walet masih sangat kurang. & utk informasi seperti ini sudah pasti selalu dirahasiakan oleh orang yg telah tau proses pencuciannya
Special Thanks to :
1. Allah SWT
2. Pengunjung
3. Pengiklan
Anda sedang membaca artikel tentang Kualitas Sarang Burung Walet dan Harganya dan anda bisa menemukan artikel Kualitas Sarang Burung Walet dan Harganya ini dengan url http://buka-mata.blogspot.com/2012/06/kualitas-sarang-burung-walet-dan.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Kualitas Sarang Burung Walet dan Harganya ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Kualitas Sarang Burung Walet dan Harganya sebagai sumbernya.
The item being reviewed 4 5 24

ARTIKEL TERKAIT:

Kualitas Sarang Burung Walet dan Harganya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Buka Mata

0 comments:

Posting Komentar