Www.buka-mata.blogspot.co.id adalah blog tentang tips/ cara, beternak/ budidaya dan pendidikan

Faktor Penentu Kualitas Biji Kopi

Faktor Penentu Kualitas Biji Kopi – Buka Mata. Kualitas kopi adalah sesuatu yg mempengaruhi rasa dari sajian kopi yg sisajikan. Di blog buka mata ini akan dibahas tiga karakter biji kopi. Berikut adalah Kualitas Biji Kopi :

1. Keasaman 
  • Keasaman adalah karakter yg berhubungan dgn kecerahan kopi & memberikan sensasi rasa di bagian tepi lidah anda. Biji kopi yg berkualitas memiliki keasaman tetapi dgn tingkatan yg rendah. Keasaman yg terlalu tinggi menyebabkan sajian kopi yg dihasilkan terlalu asam shg kopi yg dihasilkan tidak lagi terasa nikmat.
  • Faktor yg menentukan keasaman kopi oleh beberapa faktormisalnya tempat tumbuh tanaman kopi & pengolahan kopi. Sbg contoh kopi yg ditanam di dataran tinggi yg kaya mineral gunung berapi akan memiliki keasaman yg tinggi. Sedangkan kopi yg diolah secara basah memiliki tingkat keasaman lebih tinggi daripada yg kering. Hal lain yg menentukan keasaman misalnya tingkat keasaman kopi juga tergantung pada tingginya suhu pemanggangan, jenis pemanggang & metode pemasakan.
 2. Aroma
  • Aroma kopi merupakan karakter yg penting untuk spesifisitas kopi. Dan setiap jenis kopi memiliki atribut yg dpt menstimulasi indera penciuman. Kopi instan sudah tidak lagi memiliki senyawa volatil yg menyebabkan penurunan dramatis sensasi rasa keseluruhan. Aroma kopi yg diterima oleh indera kita terjadi melalui dua mekanisme, yaitu langsung oleh hidung sebelum kita meminum kopi.Mekanisme kedua terjadi bila kopi telah berada di mulut atau telah ditelan & senyawa volatil yg terdpt pada kopi menguap ke atas memasuki saluran nasal.
3. Body
  • Body merupakan rasa mantap pada kopi yg dpt anda rasakan dgn membiarkan kopi tetap berada di lidah & menggosokkannya dgn langit-langit mulut. Body dipengaruhi pemanggangan kopi. Kopi yg dipanggang secara medium & pekat akan memiliki body yg lebih berat dibanding dgn kopi yg dipanggang ringan.
Special Thanks to :
1. Allah SWT
2. Pengunjung
3. Pengiklan
Anda sedang membaca artikel tentang Faktor Penentu Kualitas Biji Kopi dan anda bisa menemukan artikel Faktor Penentu Kualitas Biji Kopi ini dengan url http://buka-mata.blogspot.com/2012/07/kualitas-biji-kopi.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Faktor Penentu Kualitas Biji Kopi ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Faktor Penentu Kualitas Biji Kopi sebagai sumbernya.
The item being reviewed 4 5 24

ARTIKEL TERKAIT:

Faktor Penentu Kualitas Biji Kopi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Buka Mata

0 comments:

Posting Komentar