Hama Penyakit Ikan Gurami

Hama Penyakit Ikan Gurami- Buka Mata. Pada kesempatan kali ini blog BukaMata akan membahas mengenai hama dan penyakit ikan gurami semoga dapat memberi manfaat.

Hama Penyakit Ikan Gurami

Penyakit Gurami

Penyebab matinya ikan gurami adalah penyakit yg disebut penyakit yg disebabkan non parasiter & penyakit yg disebabkan parasit. Gangguan non parasiter misalnya berupa pencemaran air karena adanya gas beracun yg  berupa asam belerang atau amoniak; kerusakan akibat penangkapan atau kelainan tubuh karena keturunan. Cara penanggulangannya adalah dengan mendeteksi keadaan kolam gurami & perilaku ikan. Tetapi diperlukan pengetahuan & pengalaman yg cukup untuk mengetahuinya. Ikan gurame yg sakit biasanya menjadi kurus & lamban gerakannya. Sedangkan gangguan lain yg berupa penyakit parasiter, misalnya diakibatkan oleh bakteri, virus, jamur & berbagai mikroorganisme lainnya.

Jika ikan gurami terkena penyakit yg disebabkan parasit, dpt dikenali sbb:
  • Penyakit pada insang ikan; tutup insang mengembang. Lembaran insang menjadi pucat, kadang-kadang tampak semburat merah & kelabu 
  • Penyakit pada kulit; pada bagian-bagian tertentu berwarna merah terutama di bagian dada, perut & pangkal sirip.
  • Penyakit pada organ dalam; perut ikan membengkak, sisik berdiri. Pencegahan timbulnya penyakit ini dpt dilakukan dengan mengangkat ikan & melakukan penjemuran kolam beberapa hari agar parasit pada segala stadium mati. Parasit yg menempel pada tubuh ikan dpt disiangi dengan pinset. Pengobatan bagi ikan-ikan yg sdh cukup memprihatikan keadaannya, dpt dilakukan dengan menggunakan bahan kimia diantaranya:
a). Pengobatan dengan Kalium Permanganat (PK). Caranya adalah sediakan air sumur atau sumber air lainnya yang bersih di dalam bak penampungan. Buatlah larutan PK sebanyak 2 gram/10 liter atau 1,5 sdt/100 l air. Kemudian rendam ikan gurami yang akan diobati ke dalam larutan tersebut selama kuramg lebih 30-60 menit dengan diawasi terus menerus. Bila belum sembuh betul, pengobatan ulang dapat dilakukan 3 atau 4 hari kemudian.
b). Pengobatan dgn Neguvon. Ikan direndam pada larutan neguvon 2-3,5% sekitar 3 mernit. Untuk memberantas parasit, bahan tersebut dilarutkan dalam air hingga konsentrasi 0,1% Neguvon lalu disiramkan ke dalam kolam yang telah dikeringkan. Biarkan selama 2 hari.
c). Pengobatan dengan garam dapur. Hal ini dilakukan di pedesaan yang sulit mendapatkan bahan-bahan kimia. Caranya:Siapkan wadah yang diisi air bersih. setiap 100 cc air bersih dicampurkan 1-2 gram (NaCl), diaduk sampai rata; ikan yang sakit direndam dalam larutan tersebut. Tetapi karena obat ini berbahaya, lamanya perendaman cukup 5-10 menit saja. Setelah itu segera ikan dipindahkan ke wadah yang berisi air bersih untuk selanjutnya dipindahkan kembali ke dalam kolam; pengobatan ulang dapat dilakukan 3-4 hari kemudian dengan cara yang sama.

Hama Gurami

Bagi benih gurame musuh yang paling utama adalah gangguan dari ikan liar/pemangsa dan beberapa jenis ikan peliharaan seperti tawes, gurame dan sepat. Musuh lainnya adalah biawak, katak, ular dan bermacam-macam burung pemangsa.

Special Thanks to :
  1. Allah SWT
  2. Pengunjung
  3. Pengiklan
  4. GOOGLE.COM
  5. BLOGGER.COM

    ARTIKEL PILIHAN:

    LINK ARTIKEL:.

    Anda sedang membaca artikel tentang Hama Penyakit Ikan Gurami dan anda bisa menemukan artikel Hama Penyakit Ikan Gurami ini dengan url http://buka-mata.blogspot.com/2012/10/hama-penyakit-ikan-gurami.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Hama Penyakit Ikan Gurami ini bermanfaat, namun jangan lupa untuk meletakkan link Hama Penyakit Ikan Gurami ya sebagai sumbernya, he3...

    buka mata,tips,cara,resep,membuat,budidaya,beternak,mengatasi,kesehatan,asam urat,terapi,rambut,mata,jantung,wanita,kanker,varises,jerawat,kulit,narkotika,shabu,heroin,merokok,ganja,merpati,kucing,nila,kacer,anis merah,jamur tiram,walet,kenari,sapi,perkutut,ayam bangkok,lele,bayi,nama bayi jawa,nama bayi islam arab,bakso,sup,kremes,soto,donat,kfc,siomay,burger,puding,kopi,download,soal,akuntansi,murai,auditing,puasa,tarawih,witir,kue kering,cake 1 Komentar:

    U Comment I Follow
    Terima Kasih Atas Kunjungannya
    No SPAM, No SARA
    Anonim mengatakan...

    OBAT KHUSUS PENYAKIT IKAN GURAME .. AMPUH SEJAK TAHUN 2002 .. 081216179270 --

    Bismillahirrahmanirrahim .....
    HIDROPHILA adalah obat khusus untuk ikan gurami / gurame yang terkena serangan penyakit ganas dan mematikan di dalam kolam pemeliharaan.

    Obat ini sangat efektif memberantas penyakit yang disebabkan oleh bakteri, virus dan jamur yang sering menyerang ikan gurami sejak ukuran benih hingga dewasa menjelang panen yang dikarenakan berbagai jenis kondisi antara lain, kurang hygienitas kolam hingga terlalu padatnya penebaran serta kondisi cuaca yang kurang menguntungkan sehingga terjadilah serangan penyakit yang ditandai dengan nafsu makan yang berkurang, timbul kepermukaan dan berenang tanpa arah, sisik terkelupas dan timbul bercak-bercak darah kemudian bernanah yang sering disebut dengan cacar, hingga mata menonjol putih sampai timbulnya bintil-bintil coklat kekuningan disekitar insang, kulit daging bahkan bagian dalam tubuh ikan yang tidak teridentifikasi sehingga tiba-tiba ikan gurami mati dan terus " mengajak " teman-temannya yang lain.

    Adalah HIDROPHILA obat khusus gurami sudah teruji dan terbukti secara luas sejak tahun 2002 oleh para peternak gurami Jawa Timur, mampu mengalahkan ganasnya berbagai penyakit yang menyerang ikan gurami. HIDROPHILA dibuat dan dikondisikan mampu membunuh bakteri phatogen penyebab penyakit gurami yaitu dari jenis bakteri gram positif bentuk batang, antara lain mycobacterium sp, aeromonas hydrophilla dan berbagai jenis yang lainnya secara efektif.

    Dosis yang disarankan adalah berikan 1 ( satu) tutup botol HIDROPHILA untuk 1 ( satu) kilogram pakan dengan cara 1 ( satu) tutup botol HIDROPHILA dicampur air secukupnya kemudian dicampur / diaduk hingga merata pada pakan ikan gurami tunggu beberapa saat hingga cukup kering dan siap diberikan kepada gurami.

    ... HATI-HATI BARANG TIRUAN ...

    JAYA MEDIFINDO
    Kedungturi Permai S-15
    Sidoarjo - Jawa Timur
    081216179270

    Poskan Komentar

       

    Pengikut


    Terimakasih Atas Kunjungannya

    Total Tayangan Laman

    Buka Mata

      ©Buka Mata | Privacy Policy | Modified and Enhanced by d-prabowo

    2012-2012 | Template by Dicas Blogger