Www.buka-mata.blogspot.co.id adalah blog tentang tips/ cara, beternak/ budidaya dan pendidikan

Penyakit Hidung dan Cara Mengobatinya

Penyakit hidung adalah penyakit yang membutuhkan perawatan segera sebab berhubungan dengan sistem pernapasan. Hidung merupakan tempat keluar masuknya oksigen dan karbondioksida sehingga hidung rentan terhadap penyakit. Seperti halnya dengan mata kita, perlu dijaga supaya tetap sehat. Namun banyak orang yang mengabaikan hal tersebut.
penyakit sinusitis hidung penyakit hidung berbau penyakit di hidung macam-macam penyakit hidung penyakit hidung berdarah penyakit hidung tersumbat penyakit radang hidung penyakit hidung sinusitis macam penyakit hidung penyakit pada hidung penyakit telinga penyakit kulit penyakit sistem pernafasan penyakit sinusitis pada anak penyakit telinga bagian dalam cara mengobati polip hidung secara alami polip sinusitis polip sinus cara mengobati penyakit polip sakit polip cara mengatasi polip cara mengatasi penyakit polip cara alami mengobati polip sinusitis dan polip penyakit polip hidung



Salesma dan infuenza merupakan infeksi pada alat pernapasan yang disebabkan oleh virus, dan umumnya dapat menyebabkan batuk, pilek, sakit leher dan kadang-kadang panas atau sakit pada persendian. Gejala yang mengiringi diantaranya mencret ringan, terutama pada anak kecil. Salesma dan influenza hampir selalu sembuh sendiri tanpa obat. Jangan gunakan penicillin, tetracycline atau antibiotika lainnya, karena obat-obatan ini sama sekali tidak menyembuhkan dan dapat menimbulkan bahaya. Tips yang dilakukan bila terkena  salesma:
  • Minum air panas.
  • Aspirin atau acetaminophen dapat menurunkan panas dan menghilangkan sakit kepala.
  • Tetaplah makan seperti biasa, karena tidak ada pantangan mengonsumsi sesuatu.
  • Istirahat yang cukup.
Cara mengobati batuk dan hidung tersumbat:

Jika penderita mengalami radang cabang tenggorokan (bronchitis) atau radang paru-paru (pneumonia) diperlukan antibiotika. Jika tenggorokan atau sakit leher karena salesma tidak perlu obat yang khusus, namun cukup kumur dengan air hangat. Jika sakit leher terjadi secara mendadak, disertai panas tinggi, kemungkinannya adalah strep throat (sakit leher karena infeksi streptoccus). Dalam keadaan ini diperlukan pengobatan khusus.

Cara Mencegah Salesma:
  • Nutrisi makanan yang berkualitas akan membantu pencegahan penyakit salesma. Mengonsumsi jeruk, tomat dan buah-buahan lain yang mengandung vitamin C sangat dianjurkan.
  • Memahami jika salesma ditularkan oleh seseorang yang telah menderita infeksi melalui vektor udara.
  • Untuk mencegah penularan kepada orang lain, maka ia harus menutup hidung atau mulutnya ketika batuk atau bersin. Penderita harus makan dan tidur terpisah dari anggota keluarga lain terutama menjauhi bayi.
  • Untuk mencegah agar salesma tidak menimbulkan sakit telinga, jangan menghembus ingus kuat-kuat.
Pada penyakit hidung ini banyak lendir dalam hidung menyebabkan infeksi telinga pada anak-anak atau gangguan sinus (peradangan gawat dan berlangsung lama pada rongga tulang yang berhubungan dengan rongga hidung) pada orang dewasa.

Cara melegakan hidung tersumbat:
  • Hidung tersumbat yg tejadi pada anak-anak, hisaplah dengan ingus atau lendir dengan menggunakan balon penghisap.
  • Untuk orang dewasa dapat menghirup air garam ke dalam hidungnya. Tindakkan ini akan mencairkan lendir.
  • Bernapas dalam uap air panas akan melegakan hidung yang tersumbat.
  • Hapuslah ingus. Jangan menghembuskan ingus kuat-kuat, karena tindakan ini dapat menimbulkan sakit telinga dan infeksi sinus.
  • Penderita yang sering mengalami sakit telinga atau gangguan sinus dapat mencegahnya dengan memakai tetes hidung decongestan seperti phenyleprine.
Setelah menghirup sedikit air garam, teteskan obat tersebut dalam hidung sebagai berikut: Miringkan kepala, kemudian teteskan 2 atau 3 tetes ke dalam lubang hidung sebelah bawah. Tunggu beberapa menit dan lakukan hal yang sama pada lubang lainnya.

Sinusitis adalah peradangan sinus, yaitu rongga-rongga dalam tulang yang berhubungan dengan rongga hidung, yang gawat dan biasanya terjadi dalam waktu menahun.

Tanda-tanda sinuitis:
  • Sakit pada muka di sekitar mata. Jika diketuk tulang atau menundukkan kepala, maka muka akan terasa sakit.
  • Hidung sering tersumbat oleh adanya nanah atau ingus yang kental.
  • Tidak jarang diikuti oleh panas.
Pengobatan sinuitis:
  • Hirup sedikit air garam ke dalam hidung
  • Letakkan kompres hangat di bagian wajah
  • Gunakan tetes hidung decongestan seperti phenyleprine
  • Antibiotika seperti tetracyclin, ampicilin, atau penicillin, bisa digunakan untuk meredakan sinus.
  • Jika si penderita kondisinya tidak membaik, segera minta pertolongan dokter.
  
Penyakit hidung Rhinitis Allergica disebabkan oleh adanya reaksi alergi pada hidung yang ditimbulkan oleh masuknya substansi asing ke dalam saluran tenggorokan.

Cara Mengobati Peradangan hidung:
  • Gunakan antihistamin seperti chlorpheniramine, dimenhydrinate, yang biasanya dijual untuk mengobati mabuk perjalanan.
Pencegahan Peradangan hidung:
Demikian artikel Penyakit hidung dan cara mengobatinya, smg bermanfaat.

                                                                                                                   
Kata Terkait Penyakit Hidung dan Cara Mengobatinya : macam-macam penyakit hidung, penyakit di hidung, penyakit hidung berdarah, macam penyakit hidung, penyakit pada hidung, penyakit sistem pernafasan, polip sinusitis, penyakit polip hidung, sakit polip, cara mengatasi polip.

 Baca Juga :

Semoga bermanfaat
Special Thanks to :
1. Allah SWT
2. Pengunjung
3. Pengiklan
Anda sedang membaca artikel tentang Penyakit Hidung dan Cara Mengobatinya dan anda bisa menemukan artikel Penyakit Hidung dan Cara Mengobatinya ini dengan url https://buka-mata.blogspot.com/2013/03/penyakit-hidung-dan-cara-mengobatinya.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Penyakit Hidung dan Cara Mengobatinya ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Penyakit Hidung dan Cara Mengobatinya sebagai sumbernya.
The item being reviewed 4 5 24

ARTIKEL TERKAIT:

Penyakit Hidung dan Cara Mengobatinya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Posting Komentar