Www.buka-mata.blogspot.co.id adalah blog tentang tips/ cara, beternak/ budidaya dan pendidikan

Telinga Berdenging (Tinnitus)

Telinga Berdenging (Tinnitus) - Buka Mata. Telinga berdenging jika dalam istilah medis disebut dengan tinnitus (latin - tinnire artinya berdenging). Tinnitus adalah gangguan pendengaran yg ditandai dengan keluhan perasaan mendengar bunyi di dalam telinga atau di dalam kepala yg tidak dihasilkan oleh sumber dari luar. Tinnitus bukan penyakit namun merupakan tanda dari suatu penyakit atau gangguan medis yg cukup serius. Meski tak sampai menganggu penampilan, namun tinnitus bisa menimbulkan ketidaknyamanan serta dpt menurunkan kualitas hidup penderitanya.

Telinga berdenging dpt terjadi pada satu telinga saja maupun pada kedua telinga. Dpt bersifat sangat ringan sampai sangat berat sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari. Tinnitus pada pasien lanjut usia biasanya disebabkan oleh kerusakan pada saraf-saraf pendengaran karena usia, sedangkan pada pasien muda dpt disebabkan oleh seringnya mendengar suara keras seperti musik dengan volume suara yg memekakkan telinga.

Penyebab tinnitus sangat bermacam2. Salah satu penyebab yg paling umum dari tinnitus adalah kerusakan pada ujung-ujung dari syaraf pendengaran di dalam telinga bagian dalam. Berikut ini adalah beberapa hal yg juga dpt menyebabkan telinga berdenging yaitu :

1. Usia.
  • Pertambahan usia akan mengurangi kemampuan pendengaran seseorang.
2. Suara keras atau paparan bising
  • Telinga akan mengalami trauma bila mendengar suara yg terlalu keras dalam periode yg lama. Biasa sering terjadi pada orang yg sering mendengarkan musik dengan suara kencang atau pada pekerja pabrik maupun pekerja di lapangan yg tidak menggunakan alat pelindung telinga saat bekerja di tempat yg bising.
 3. Efek samping penggunaan obat tertentu dalam waktu yg lama, seperti aspirin, obat malaria, antibiotik & obat anti radang. Biasanya tinnitus akan hilang saat konsumsi obat-obatan tersebut dihentikan.
4. Gangguan pada rahang.
5. Terlalu banyak minum - minuman beralkohol
7. Pengapuran gendang telinga atau tulang-tulang pendengaran
8. Stres
9. Meniere Disease yaitu suatu kelebihan cairan endolimphe di dalam rumah siput telinga 

Alergi
  • Alergi dpt memicu lendir menumpuk ke bagian tengah telinga. Akibatnya, telinga mengalami tekanan yg lebih besar. Jika dibiarkan, hal ini akan memburuk & menyebabkan infeksi di telinga yg dpt mengakibatkan telinga bendenging.
10. Bergesernya tulang pada telinga akibat benturan pada kepala atau leher yg berdampak pada telinga
11. Sumbatan kotoran telinga, biasanya disebabkan karena kebiasaan mengorek telinga dengan cotton bud
12. Penyakit lain yg terkait dengan tinnitus adalah tumor pada otak atau nasofaring, tuli saraf, kelainan pada tuba eustachius, darah tinggi, anemia, gangguan endokrin, penyakit autoimun seperti penyakit Lupus eritematous.

GEJALA & TANDA :
  • Munculnya bunyi atau suara di dalam telinga, padahal tidak ada suara apapun
  • Telinga terdengar berisik seperti berdenging,berdengung, berdenyut, menderum atau berbunyi desis angin atau siulan
  • Bunyi-bunyian yg terdengar bisa bervariasi mulai pelan sampai memekakkan telinga.
  • Dari hari ke hari pendengaran semakin berkurang hingga akhirnya menghilang sama sekali
KOMPLIKASI
    Tinnitus secara signifikan dpt mempengaruhi utk penderitanya yg berkaitan erat dengan hal-hal berikut ini :
    • Kelelahan yg kronis
    • Stres
    • Insomnia (susah tidur).
    • Sukar berkonsentrasi & memahami percakapan
    • Menurunnya daya ingat
    • Depresi
    • Cemas yg berlebihan
    PENGOBATAN
    Pengobatan tinnitus tergantung pada penyebabnya. Tapi jika dikarenakan faktor usia serta kerusakan permanen dari dalam telinga, maka gangguan ini tak dpt disembuhkan. Namun jika bunyi denging diakibatkan kondisi kesehatan yg lain, dokter akan mengambil langkah utk mengurangi gangguan tersebut.Penderita juga perlu bimbingan agar tidak bertambah stres. Bila tinnitus berkepanjangan & sudah sampai taraf mengganggu, maka dokter akan menganjurkan utk menggunakan alat bantu dengar yg dilengkapi dengan fitur khusus bagi penderita tinnitus dpt mengatasi & membuat pendengaran menjadi jelas.
    Selain itu ada terapi “auditory habituation”, dimasukkannya sebuah peralatan kecil ke dalam telinga yg senantiasa mengeluarkan suara “enak” yg lebih rendah daripada suara tinnitus. Tujuannya agar otak jadi terbiasa mengabaikan tinnitus. Cara ini agaknya banyak menolong. Penelitian Westphalian Wilhelms University Jerman, berhasil mengurangi kebisingan suara pada penderita tinnitus dengan menggunakan terapi musik yg didesain khusus. Cara ini terhitung mudah & murah. Peneliti menggunakan musik favorit peserta yg dicocokkan & dimodifikasi dengan frekuensi suara di telinga. Setelah satu tahun penderita tinnitus mengalami penurunan suara bising pada telinganya.

    TIPS MENGHINDARI ATAU MENGURANGI GEJALA TINNITUS
    • Hindari kontak dengan suara keras & suasana yg bising
    • Gunakan alat pelindung telinga apabila bekerja di tempat yg bising
    • Ukur tekanan darah secara rutin
    • Kurangi asupan garam
    • Hindari obat-obat yg menimbulkan tinnitus seperti aspirin, obat malaria
    • Hindari alkohol, kopi & rokok
    • Olahraga teratur
    • Istirahat cukup
    • Abaikan bunyi-bunyi yg timbul & utk menutup suara dari bunyi yg disebabkan tinnitus dpt mendengarkan musik atau radio
    • Jangan mengorek telinga terlalu dalam
    • Lakukan yoga atau meditasi
    • Hindari stress karena dpt memperburuk tinnitus

    Demikian artikel tentang Telinga Berdenging (Tinnitus), semoga bermanfaat.
    http://buka-mata.blogspot.com/2013/02/telinga-berdenging-tinnitus.html

                                                                                                                       
    Kata Terkait Telinga Berdenging (Tinnitus) : makna telinga berdenging, tanda telinga berdenging, arti telinga berdenging, mengobati telinga berdenging, firasat telinga berdenging, penyebab telinga berdenging, telinga kanan berdenging, mengatasi telinga berdenging, telinga berdenging sebelah, penyebab tinnitus, mengobati tinnitus, tinnitus adalah 
    Special Thanks to :
    1. Allah SWT
    2. Pengunjung
    3. Pengiklan
    Anda sedang membaca artikel tentang Telinga Berdenging (Tinnitus) dan anda bisa menemukan artikel Telinga Berdenging (Tinnitus) ini dengan url https://buka-mata.blogspot.com/2013/02/telinga-berdenging-tinnitus.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Telinga Berdenging (Tinnitus) ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Telinga Berdenging (Tinnitus) sebagai sumbernya.
    The item being reviewed 4 5 24

    ARTIKEL TERKAIT:

    Telinga Berdenging (Tinnitus) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

    0 comments:

    Posting Komentar