Www.buka-mata.blogspot.co.id adalah blog tentang tips/ cara, beternak/ budidaya dan pendidikan

Pemijahan Ikan Nila

Pemijahan Ikan Nila - Buka Mata. Pemijahan adalah proses perkawinan induk jantan & induk betina shg menghasilkan larva. Ikan nila jantan akan membuat sarang di dasar kolam & akan mengundang ikan nila betina utk bertelur di sarang tsb. Saat telur-telur ikan nila keluar, ikan nila jantan akan membuahi dgn cara menyemprotkan cairan jantannya ke telur-telur tsb. Kemudian setelah telur-telur tsb dibuahi maka ikan nila betina kembali menyimpan telur-telur tsb ke dalam mulutnya. Dan dlm beberapa hari saja, telur-telur tsb akan menetas, dan telur ikan nila yang menetas tsb yang disebut sebagai larva.

Larva adalah anak ikan yg berumur 1-5 hari, dan oleh induk nila betina anak-anak ikan ini akan dijaga dgn cara menyimpan & mengamankan di dlm mulutnya. Biasanya induk ikan nila akan memasukan dlm mulutnya  apabila dlm keadaan bahaya, terus akan memuntahkan kembali jika sudah aman.

Saat usia 4-5 hari, larva ini akan mulai terbentuk seperti ikan dewasa &  induk ikan nila akan mulai membiarkan anak-anaknya utk mencari makan sendiri & juga mulai bergerombol.

Kemudian anakan tsb dipindahkan ke penampungan khusus yaitu ditampung di kolam beton yg berukuran kecil atau bisa jg ditampung pd happa utk utk dipelihara sampai menjadi benih yg siap utk pembesaran. Penyortiran terhadap larva ikan diperlukan utk memudahkan pemberian pakan halus & pemantaun terhadap pertumbuhan anak ikan menjadi bibit ikan nila dlm sebulan kemudian.
Induk ikan nila tetap di kolam yg sama utk melanjutkan proses memproduksi larva. Induk ikan nila yg untuk reproduksi larva, sebaiknya hanya untuk 6 kali saja atau paling lama satu tahun, kemudian diganti dgn induk ikan nila yg baru. Biasanya untuk tahap selanjutnya setelah pemijahan dilakukan pendederan untuk mendapatkan bibit.
Special Thanks to :
1. Allah SWT
2. Pengunjung
3. Pengiklan
Anda sedang membaca artikel tentang Pemijahan Ikan Nila dan anda bisa menemukan artikel Pemijahan Ikan Nila ini dengan url https://buka-mata.blogspot.com/2012/04/pemijahan-ikan-nila.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Pemijahan Ikan Nila ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Pemijahan Ikan Nila sebagai sumbernya.
The item being reviewed 4 5 24

ARTIKEL TERKAIT:

Pemijahan Ikan Nila Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Posting Komentar